Untuk Warga Baru Jakarta, Waspadai Terserang Penyakit Berikut Ini
ilustrasi

Untuk Warga Baru Jakarta, Waspadai Terserang Penyakit Berikut Ini

Jumat, 26 Jul 2019 | 12:48 | Rusmanto

Winnetnews.com - Jakarta telah menjadi tempat yang diidamkan oleh banyak orang karena menawarkan peluang kerja dan penghidupan yang lebih baik dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, merantau ke Jakarta ternyata bisa meningkatkan risiko terkena beberapa masalah kesehatan lho. Apa sajakah penyakit-penyakit tersebut?

Merantau ke Jakarta bisa menyebabkan datangnya penyakit

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Indonesia menghasilkan fakta bahwa jika kita tinggal di Jakarta selama satu tahun saja, maka berat badannya akan cenderung naik hingga 0,4 kg. Ukuran lingkar perut juga akan naik rata-rata 0,5 cm. Hasilnya adalah, risiko untuk terkena masalah obesitas dan diabetes cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan saat tinggal di area pedesaan.

Para peneliti menyebut peningkatan risiko terkena diabetes dan obesitas saat merantau di Jakarta ini disebabkan oleh gaya hidup masyarakat perkotaan yang cenderung kurang sehat layaknya lebih sering mengonsumsi makanan cepat saji dan menghabiskan waktu di depan komputer seharian untuk bekerja.

Kesibukan yang luar biasa juga membuat waktu untuk berolahraga semakin menurun. Hal inilah yang kemudian menyebabkan datangnya masalah kegemukan.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...