Update: Korban Gempa Lombok Bertambah Jadi 98 Orang

Cindy
Cindy

Update: Korban Gempa Lombok Bertambah Jadi 98 Orang Foto:Istimewa

WinNetNews.com- Korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tanggara Barat pada Minggu 5/8/2018 bertambah. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, Badan Nasional Penanggulangan Bencana merilis data terbaru korban gempa Lombok. Sampai saat ini, BNPB mendata ada sebanyak 98 orang meninggal dunia akibat gempa yang terjadi pada , 5 Agustus 2018.

"98 orang meninggal dunia, 236 orang luka-luka, ribuan rumah rusak, dan pengungsi mencapai ribuan jiwa yang tersebar di berbagai lokasi," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis.

Sutopo memperkirakan jumlah korban dan kerusakan akibat gempa ini akan terus bertambah. Hal ini, kata dia, mengingat petugas tim SAR gabungan masih belum menjangkau semua lokasi yang terdampak gempa. "Terdapat dugaan adanya korban yang tertimbun bangunan roboh belum dapat dievakuasi oleh petugas," kata Sutopo. 


Korban tewas akibat gempa ini paling banyak ditemukan di Kabupaten Lombok Utara. Daerah ini merupakan wilayah yang paling parah terkena dampak gempa. Terdapat 72 orang korban tewas di daerah ini.


Selain itu, menurut SUtopo sebagian besar korban tewas akibat tertimpa bangunan yang ambruk. Data sementara menyebut semua korban meninggal adalah Warga Negara Indonesia (WNI). "Belum ada laporan wisatawan asing yang menjadi korban akibat gempa," tambah Sutopo.

Apa Reaksi Kamu?