Update Napi Kabur di Riau: Kaburnya Napi Sialang Bungkuk Kelemahannya Siapa?
Tahanan Lapas Sialang Bungkuk yang berhasil diamankan/Foto: Antara

Update Napi Kabur di Riau: Kaburnya Napi Sialang Bungkuk Kelemahannya Siapa?

Senin, 15 Mei 2017 | 13:13 | Zulkarnain Harahap

WinNetNews.com - Sekitar 120-an lebih napi lembaga pemasyarakat Sialang Bungkuk, Riau, masih terus dikejar oleh Polda Riau. Dengan begitu, hingga hari ini sudah ada 323 napi yang sudah ditangkap. Meski demikan, Polda Riau mengakui kesulitan melakukan identifikasi para tahanan.

"Kita mencoba untuk mengidentifikasi, kita kesulitan mendapatkan data dari tahanan. Kita dapat informasi hanya nama dan kasus yang dialami. Kita akan buka file yang ditangani oleh penyidik-penyidik polri. Sisa tahanan yang kabur sudah dikejar, dipimpin langsung Pak Kapolresta," Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo saat dihubungi awak media, Senin (15/05/2017).

Guntur kembali melanjutkan, kebanyakan para napi merupakan warga Pekanbaru. Polisi sendiri mengaku kaburnya para napi merupakan kelemahan dari pihak Lapas.

"Napi ini rata-rata warga Pekanbaru. Sebagian besar kasus narkoba, kriminal umum, ada juga kasus penganiayaan, pencurian. Detailnya masih kita data terus dengan pihak rutan. Itu kelemahan mereka, kamu hubungi mereka saja," lanjutnya.

Di sisi lain, tambah Guntur, peran masyarakat menjadi faktor penting lain dalam penangkapan kaburnya para tahanan.

"Kita juga minta bantuan kepada masyarakat, kalau menemukan, diamankan saja ke kantor polisi terdekat. Memang ada yang menyerahkan diri, yang diserahkan keluarganya," tambahnya.

"Di Pekanbaru sudah ada sistem panic button. Kalau masyarakat menemukan orang-orang yang dicurigai, bisa melapor melalui panic button. Nama aplikasinya Polisi Gatin. Polisi akan datang dengan segera setelah operator menginformasikan laporan masyarakat," pungkasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...