Ups, Jangan Ambil Kotoran Mata Langsung Pakai Tangan!
Jangan ambil kotoran mata. Foto: Istimewa

Ups, Jangan Ambil Kotoran Mata Langsung Pakai Tangan!

Jumat, 24 Mar 2017 | 15:42 | kontributor

WinNetNews.com - Kotoran mata atau biasa kita kenal dengan nama belek, setiap hari pasti keluar dari mata kita. Apalagi jika kita habis melakukan aktivitas di luar ruangan , saat bangun tidur kita akan menemui banyak belek di mata. Umumnya orang akan langsung mengambil kotoran mata saat mengetahuinya. Tapi tahukah kamu kalau ternyata kotoran mata sebaiknya jangan langsung diambil dengan tangan.

Meskipun kotoran mata kelihatannya tidak kotor seperti kotoran lainnya, tapi tidak berarti kotoran mata adalah benda yang steril. Selain itu biasanya tangan kita mengandung kotoran dan bakteri yang bisa membuat iritasi di mata.

Dr Ivan Schwab, MD dari University of California Davis School of Medicine, menyebutkan sebaiknya kita mengambil kotoran mata dengan menggunakan handuk hangat atau tisu basah. Jika terlanjutr mengambilnya dengan menggunakan tangan kosng, sebaiknya segera cuci tangan dengan sabun hingga bersih.

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Huffington Post, Dr Sherleen Chen, direktur layanan katarak dan optalmologi dari Massachusetts Eye and Ear Infirmary, Boston, memberikan saran ketika membersihkan kotoran mata yang menempel di mata dan sudah agak mengering sebaiknya letakan handuk hangat selama 1-2 menit di atas kelopak mata, kemudian usapkan secara perlahan untuk mengangkat kotoran mata. Hal ini juga bisa mencegah mata lecet atau teriritasi karena gesekan tangan.

Selain itu, jika mata kita terkena benda asing atau kelilipan maka cara yang paling aman adalah dengan cara melakukan irigasi atau mengguyur benda asing di mata dengan air steril (bersih).

Namun, jika kotoran mata muncul secara terus-menerus, mata perlu mendapatkan perhatian khusus. Apalagi jika disertai dengan keluhan nyeri pada mata, panas, mata merah, dan gatal. Deteksi dini pada mata, bisa membuat penanganan terhadap gangguan mata berjalan lebih baik dan cepat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...