Urus Izin Investasi di BKPM dari 23 Hari Jadi 3 Jam

Urus Izin Investasi di BKPM dari 23 Hari Jadi 3 Jam

Senin, 11 Jan 2016 | 15:45 | Rusmanto
WinNetNews.com - Layanan izin investasi 3 jam yang mulai dijalankan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sejak Oktober 2015 mampu memangkas waktu untuk mengurus perizinan utama investasi dari 23 hari menjadi hanya 3 jam.

Hanya dalam 3 jam, investor bisa mendapatkan izin investasi, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Akta Pendirian Perusahaan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA), Angka Pengenal Importir Produsen (API-P), Nomor Induk Kepabeanan (NIK), plus Surat Booking Tanah.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengungkapkan, semua izin tersebut paling cepat baru selesai dalam 23 hari jika tidak ada penyederhanaan perizinan. Kini, 8 izin plus 1 surat booking tanah semuanya bisa selesai dalam 3 jam.

Syarat untuk menggunakan layanan ini adalah investor harus datang sendiri ke PTSP di Kantor BKPM dengan rencana investasi di atas Rp 100 miliar dan atau menyerap tenaga kerja minimal 1.000 orang. Investor cukup membawa data diri (paspor atau akte perusahaan asing) dan alur aktivitas produksi perusahaan.

Sejauh ini, sudah ada 7 investor yang telah menggunakan layanan izin investasi 3 jam. Ketujuh investor tersebut diantaranya di sektor manufaktur, budidaya ternak, dan kelistrikan. Total nilai investasi yang masuk dari layanan ini sudah Rp 17,85 triliun.

disadur dari situs detik finance

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...