Urutan Postingan Twitter Akan Kembali Seperti Semula

Urutan Postingan Twitter Akan Kembali Seperti Semula ilustrasi

WinNetNews.com - Twitter hendak memberikan kontrol lebih bagi pengguna dalam menentukan seperti apa pengalaman menggulir linimasa (scrolling timeline) yang diinginkan. Hal ini diumbar melalui rentetan kicauan akun resmi Twitter Support  (@TwitterSupport). 

Pengguna bisa memilih apakah ingin urutan linimasanya terkurasi berdasarkan kicauan yang dianggap paling penting, atau sesuai kronologis terbalik (reverse chronological order) seperti dahulu, tweet terbaru muncul paling atas, disusul tweet sebelum-sebelumnya di bawah.

 

 

Twitter sadar bahwa urutan linimasa yang terkurasi yang diberlakukan sejak 2016 tak selalu memuaskan pengguna. Kerap kali linimasa justru sesak dengan selipan iklan, kicauan yang disukai teman, kicauan dari orang yang diikuti teman, dan sebagainya. 

Tak jarang pengguna justru bingung karena kicauan teman sejak berjam-jam lalu terus-terusan muncul di urutan teratas, sementara kicauan terbaru sulit ditemukan. 

Kendati demikian, ada pula yang suka dengan linimasa terkurasi. Pasalnya, pengguna lebih mudah menemui kicauan-kicauan yang sedang populer pada saat tertentu. 

Melihat adanya nilai plus dan minus ini, maka Twitter memperbolehkan pengguna memilih sendiri jalan mana yang terbaik bagi masing-masing. Dalam pembaruannya, Twitter bakal menyematkan penyetelan “Show the best Tweets first” (tunjukkan kicauan terbaik pertama). 

Penyetelan itu berbentuk toggle. Pengguna bisa menyalakan toggle untuk mengaktifkannya, atau mematikan toggle untuk merasakan kembali linimasa berbasis urutan waktu dari kicauan terbaru hingga terlama. 

Belum diumbar kapan opsi ini berlaku bagi seluruh pengguna.Twitter hanya mengatakan bakal menguji coba opsi ini dalam beberapa pekan mendatang. (kompascom)