Usai Bebas dari Penjara, Ratna Sarumpaet Aktif di Dunia Seni
Sumber:MediaIndonesia

Usai Bebas dari Penjara, Ratna Sarumpaet Aktif di Dunia Seni

Jumat, 27 Des 2019 | 09:45 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com -  Aktivis wanita yang juga ibu dari artis Atiqah Hasiholan, Ratna Sarumpaet, resmi bebas pada 26 Desember kemarin. Ratna divonis bersalah karena kasus hoax yang secara sengaja dilakukan olehnya sendiri. Usai bebas dari penjara, Ratna mengaku siap kembali dengan kegiatannya. Bahkan, selama di dalam penjara, Ratna menulis sebuah buku yang rencananya akan dirilis pada bulan Januari mendatang.

Selain membuat buku, Ratna juga mengungkapkan bahwa dirinya akan membuat sebuah pertunjukan teater dan membuat film. “Ada buku yang belum saya selesaikan waktu di tahanan, itu akan saya selesaikan bulan ini, insya Allah bulan depan terbit. Kalo selebihnya sih enggak kepikiran dulu. Mungkin mau bikin teater, mungkin mau bikin film,” kata Ratna dikutip dari Kumparan.com.

Menurut ibu dari Atiqah ini bukunya itu bentuk buku otobiografi tentang bagaimana Ratna Sarumpaet melihat Indonesia. Buku itu pun menjadi pembuktian Ratna tentang sikapnya selama ini.

image0

“Sebenernya itu bentuknya otobiografi. Tapi otobiografi itu tentang bagaimana melihat Indonesia melalui kacamata saya selama ini. Orang kan selalu mikir kenapa si Ratna ini aneh sendiri, cerewet sendiri. Saya ingin luruskan gitu. Saya ingin kita punya satu pemahaman dengan apa yang saya lihat,” ujar Ratna.

Ratna diketahui bebas bersyarat, meski begitu, mertua dari aktor Rio Dewanto itu masih harus diwajibkan lapor seminggu sekali. Pelaporan dilakukan di Lapas Perempuan Klas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur.

“Kalau pembebasan bersyarat harus diketahui oleh RT/RW karena ada wajib lapornya. Dan umumnya itu wajib lapor seminggu sekali dan harus ada penjamin,” ucap pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin.

image1

Ratna Sarumpaet sebelumnya divonis 2 tahun penjara potong masa tahanan oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 11 Juli 2019. Dia dinyatakan bersalah menyebar hoax mengaku dianiaya hingga lebam oleh sejumlah orang di Bandung, padahal ternyata luka yang didapatnya karena operasi kecantikan.

Pembebasan bersyarat diberikan setelah permohonan pembebasan bersyarat (PB) Ratna Sarumpaet diterima dan dikabulkan. Sebelum bebas, Ratna Sarumpaet sempat mendapatkan remisi Idul Fitri dan 17 Agustus yang diberikan oleh Menkumham.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...