Usai Datang ke Bali, Kemenkes RI Lacak Jejak WN Cina Terpapar Covid-19
Sumber: Tirto.id

Usai Datang ke Bali, Kemenkes RI Lacak Jejak WN Cina Terpapar Covid-19

Jumat, 14 Feb 2020 | 13:41 | Khalied Malvino

Winnetnews.com - Kabar menggegerkan warga Bali dan Indonesia pasca turis asing asal Cina terpapar virus corona baru atau Covid-19 pada akhir bulan Januari 2020.

Pasalnya, pasien yang bernama Jin itu menggunakan penerbangan dari Wuhan dengan Lion Air JT-2618 pada 22 Januari 2020 ke Bali dan kembali ke Shanghai pada 28 Januari 2020 dengan Garuda Indonesia GA-858.

"Untuk penumpang pada penerbangan yang disebutkan di atas, mohon segera memberlakukan tindakan pencegahan," tulis Pemerintah Provinsi Anhui, Cina dalam akun Weibo resmi mereka, Rabu (12/2/2020).

Dikuti dari laman Republika.co.id, Jum’at (14/2/2020), berdasarkan unggahan CDC Huainan di Weibo itu, pasien diketahui terinfeksi virus pada 5 Februari 2020. Dalam pernyataannya, dituliskan juga imbauan untuk tidak keluar dan segera ke rumah sakit terdekat jika demam.

"Tolong gunakan masker ketika Anda bepergian ke pusat medis dan jangan menggunakan transportasi umum," lanjut Pemerintah Provinsi Anhui.

Menyikapi hal tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyatakan telah menganalisis warga negara Cina tersebut.

Sekretaris Direktorat Jenderal (Sekdirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Achmad Yurianto menjelaskan, pemerintah RI telah melacak jejak WN Cina yang dilaporkan positif Covid-19, baik selama di Indonesia maupun sekembalinya ke negaranya.

Menurut dia, Jin pada 12 Januari 2020 datang ke Indonesia melalui penerbangan Wuhan-Bali dan pada 28 Januari2020 kembali ke negaranya melalui Bali-Shanghai.

“Kami sudah langsung tindak lanjuti ini," tegas Yurianto.

Pemerintah RI melacak ke maskapai penerbangan terhadap penumpang atas nama Jin dan ditemukan terdapat di periode 12 Januari 2020 dengan dua orang bernama Jin terbang dari Wuhan ke Bali. Satu orang Jin merupakan anak-anak dan satu orang lainnya dewasa.

Sementara, pada penerbangan Bali-Shanghai tertanggal 28 Januari 2020 dari maskapai Garuda Indonesia, ditemukan enam orang penumpang bernama Jin. Namun, analisis kecurigaan hanya pada dua orang bernama Jin yang seperti penerbangan ke Indonesia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...