Usai Diterjang Gempa dan Tsunami, Aktivitas di Palu Mulai Normal

Usai Diterjang Gempa dan Tsunami, Aktivitas di Palu Mulai Normal istimewa

WinNetNews.com - Aktivitas warga Palu berangsur pulih dan normal setelah gempa dan tsunami memporakporandakan kawasan tersebut. Warga pun diminta untuk kembali mematuhi peraturan lalu lintas mulai hari ini.

"Pak Hari Senin (8/10/2019) mulai normal, pakai helm ya," kata Anggota Satuan Lalulintas Bripka Sofyan kepada pengendara di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Palu Timur, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu 7 Oktober 2018.

Saat itu, Sofyan tengah bertugas di lokasi tersebut. Ia mengenakan pakaian lengkap dinasnya dan berdiri di pinggiran trotoar. Kakinya akan beranjak dari tempat jika melihat pengendara yang dinilai melanggar peraturan lalu lintas.

Sofyan mengungkapkan sosialisasi peraturan lalu lintas kepada pengendara terus digencarkan. Ini menyusul aktivitas di Kota Palu yang telah berangsur membaik.

Dengan begitu, volume kendaraan di ruas-ruas jalan bakal kembali padat seperti pada sebelum gempa dan tsunami. Untuk itu, agar lalu lintas berlangsung, dia pun meminta semua warga untuk mematuhi peraturan lalu lintas.

"Hari Senin pengendara wajib mematuhi lalu lintas karena aktivitas sudah mulai normal," ucap dia.

Dalam tahapan ini, kata dia, petugas tidak akan memberlakukan sanksi terhadap para pelanggar lalu lintas. Mengingat kondisi di Palu masih belum sepenuhnya pulih.

"Kami tidak menilang cuma kami mengimbau terus sampai kondisi stabil," ucap dia.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola menyampaikan pesan untuk mendukung warga segera bangkit dan beraktivitas kembali. Hal itu disampaikan di hadapan para pelaku penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami pada Sabtu 6 Oktober 2018 di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kota Palu.

Dia menegaskan, sejak dua hari lalu Kantor Gubernur telah beroperasi kembali. (liputan6com)