Usai Terpilih Jadi Pimpinan, Fadel Bakal Konsultasi dengan Megawati Bahas Kursi Ketua MPR

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Usai Terpilih Jadi Pimpinan, Fadel Bakal Konsultasi dengan Megawati Bahas Kursi Ketua MPR Fadel Muhammad terpilih sebagai pimpinan MPR dari unsur DPD. [Foto: Jawa Pos]

Winnetnews.com - Fadel Muhammad terpilih sebagai pimpinan MPR RI dari unsur DPD RI pada Rabu (2/10). Pasca terpilih, Fadel menyatakan bakal menemui Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri jelang pemilihan Ketua MPR RI yang akan berlangsung Kamis (3/10).

Fadel mengaku kenal baik dengan Megawati. Dengan begitu, Fadel akan mengkonsultasikan dengan Megawati, mengingat PDIP merupakan partai politik (parpol) pemenang Pemilu 2019, dan sesuai UU MD3 parpol pemenang Pemilu 2019 bakal menempati kursi parlemen.

Melansir Antara dari CNN Indonesia, dari pembicaraan yang sudah ada, Fadel mengatakan terdapat tiga kelompok yang akan memperebutkan kursi Ketua MPR, yaitu Golkar bersama PPP, PKB, dan NasDem. Sementara itu Gerindra bergabung dengan PDIP, dan kelompok ketiga adalah Demokrat dan PAN.

"DPD nanti akan rapatkan, kita lihat, kalau kami bergabung, katakan tinggal dua kelompok saja. Kami bergabung ke mana? Kalau voting, kami akan menang. Maka, kami akan bicarakan secara internal dengan teman-teman DPD, kemudian kita akan menentukan sikap, apa sikap yang kita mau ambil," ujarnya.

Pada Kamis pagi ini, Fadel akan bertemu dengan pimpinan empat partai politik untuk membicarakan peluangnya menjadi Ketua MPR. Namun, ia tidak menyebutkan parpol mana saja.

Ia akan menjajaki dengan tiga kelompok, mana yang berkomitmen untuk penguatan DPD RI ke depan karena selama ini DPD dilihat 'sebelah mata'.

"Untuk itu, dengan keberadaan saya di MPR, kami ingin membikin perubahan supaya ada kesetaraan antara DPD dan DPR," katanya.

Menurut dia, dalam forum lobi, ia akan menekankan bahwa DPD merupakan fraksi terbesar sehingga sudah sepantasnya perwakilan lembaga tersebut menjadi Ketua MPR RI.

Fadel menyatakan ikut bersaing dalam perebutan Ketua MPR periode 2019-2024. Senator asal Gorontalo ini terpilih menjadi perwakilan unsur DPD pada kursi pimpinan MPR lewat proses pemungutan suara.

Apa Reaksi Kamu?