Usia Ayah Bisa Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak Loh!
Foto: Medicaldaily

Usia Ayah Bisa Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak Loh!

Selasa, 2 Mei 2017 | 11:03 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Seorang ayah harus mampu mendidik anaknya, entah dari sisi edukasi atau tingkah laku. Namun, penelitian baru menunjukkan bahwa ada kemungkinan konsekuensi genetik bagi pria yang melahirkan anak-anak sangat dini atau sangat terlambat dalam hidup, karena usia ayah pada saat pembuahan dapat mempengaruhi keterampilan sosial masa depan anak-anak.

Penelitian yang sekarang dipublikasikan secara online di Journal of American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, menemukan bukti yang menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari ayah yang sangat muda dan lebih tua, yang digambarkan dalam penelitian ini di bawah 25 dan di atas 51, menunjukkan perilaku prososial lebih awal. Pengembangan.

Tim juga mengamati bahwa pada saat anak-anak ini mencapai usia remaja, mereka tertinggal dari rekan-rekan mereka dengan ayah setengah baya. Terlebih lagi, efek sosial ini tidak berhubungan dengan usia ibu, dan sepertinya hanya dipengaruhi oleh usia ayah saat pembuahan. Tim menyarankan dua mekanisme berbeda di balik perbedaan ini.

"Kami mengamati efek tersebut pada populasi umum, yang menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari ayah yang sangat muda atau lebih tua mungkin menganggap situasi sosial lebih menantang, bahkan jika mereka tidak memenuhi kriteria diagnostik untuk autisme," jelas peneliti studi Dr. Magdalena Janecka, dalam sebuah Pernyataan terakhir

Untuk penelitian ini, tim melihat lebih dari 15.000 anak kembar, yang mereka ikuti dari usia 4 sampai 16. Tim melihat usia ayah dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi keterampilan sosial anak-anak, berinteraksi dengan teman sebaya, hiperaktif, dan emosional. Sekaligus kesehatan. Selain itu, mereka juga memperhitungkan faktor genetik dan lingkungan luar lainnya saat menganalisis apa yang mungkin menyebabkan tren sosial yang berbeda.

Hasilnya menunjukkan usia ayah memang tampak mempengaruhi keterampilan sosial secara keturunan, meski sebenarnya alasan pasti mengapa masih belum jelas.

"Dalam kasus ekstrim, efek ini dapat menyebabkan gangguan klinis, Namun, penelitian kami menunjukkan bahwa mereka juga bisa menjadi jauh lebih halus," tambah Janecka, seperti dikutip dari Medical daily.

Keterampilan sosial bukanlah ciri pertama yang berkontribusi pada usia seorang ayah saat pembuahan. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa anak-anak dari ayah yang lebih tua mungkin berisiko tinggi terhadap kolesterol tinggi.

Penelitian tersebut menetapkan bahwa anak yang lahir dari ayah berusia 35 tahun dan lebih tua, memiliki kadar kolesterol sedikit lebih tinggi. Sementara penelitian tersebut tidak dapat secara tepat menyalahkan kolesterol anak-anak pada usia ayah mereka, gen tertentu yang bertanggung jawab atas pertumbuhan dan metabolisme pada 'sperma' ayah mungkin telah berubah seiring bertambahnya usia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...