(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Usir Kecoak Hanya Dengan Bahan Alami ini

Oky
Oky

Usir Kecoak Hanya Dengan Bahan Alami ini Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Iklim tropis yang hangat dan lembab membuat banyak kecoa bermunculan. Biasanya kita menggunakan obat serangga yang beracun untuk mengusir kecoa. Namun, bahaya obat tersebut juga bisa berdampak negatif pada kesehatan anak.

Agar anak kita tidak terpapar oleh bahaya obat serangga tersebut, saatnya beralih menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir kecoa. Semua bahan ini mudah ditemukan juga mudah digunakan untuk membasmi para kecoa.

1. Minyak esensial

Kecoa sangat tidak suka bau lavender, minyak kayu putih, dan tea tree oil, juga peppermint. Aroma-aroma ini menutupi bau makanan yang jadi incaran si kecoa. Selain itu, kecoa juga akan mati jika terpapar minyak esensial dengan konsentrat tinggi.

Gunakan beberapa tetes minyak esensial pada kapas, dan oleskan pada tempat-tempat yang sering dilewati kecoa. Bunda bisa membuat obat semprot dengan beberapa tetes minyak esensial dicampur air, dan gunakan untuk menyemprot tempat favorit para kecoa.

2. Petroleum Jelly

Petroleum jelly biasanya digunakan sebagai pelembab bibir, atau mengatasi luka bakar. Salah satu manfaat lain dari gel ini juga bisa digunakan sebagai perangkap untuk mengusir kecoa. Campurkan gula dan petroleum jelly lalu oleskan di lembaran kertas atau kartu yang tidak terpakai.

Tempatkan kartu tersebut di pojok di mana kecoa sering ditemui. Kecoa akan tertarik pada kandungan gula dalam campuran ini, dan akan terjebak pada jelly saat mendekat. Pastikan perangkap ini jauh dari jangkauan anak-anak.

3. Daun salam untuk mengusir kecoa

Daun salam biasanya digunakan untuk menyedapkan aroma masakan, namun serangga seperti kecoa sangat tidak menyukai aroma daun salam. Remukkan daun salam kering atau yang masih hijau, dan tebar di sudut gelap atau pojok ruangan yang menjadi tempat kecoa bersemayam.

4. Silica Gel

Silica gel biasanya digunakan untuk menyerap kelembaban pada produk makanan kering, sepatu, tas dan pakaian. Agar produk tersebut tidak rusak. Fungsinya yang menyerap lembab dan membuat apapun yang bersentuhan langsung juga ampuh membasmi kecoa.

Bunda bisa mencampur butiran silica gel dengan gula dan menyebarkannya di sudut rumah yang sering didatangi kecoa. Apabila ada kecoa yang melewati campuran ini, tubuhnya akan langsung mengering dan mati. Namun pastikan jauh dari jangkauan anak-anak

5. Gula

Gula bisa menjadi bahan campuran yang ampuh untuk mengusir kecoa. Campurkan 1 sdm gula dan 3 sdm boraks, lalu taburkan di tempat tersembunyi yang sering didatangi kecoa. Pastikan campuran ini tidak bersentuhan dengan makanan atau bahan makanan.

Selain dengan boraks, gula juga bisa dicampurkan dengan baking soda untuk membasmi kecoa. Perbandingan sama banyaknya. Setelah tercampur rata, bisa di taburkan ke tempat yang sering jadi persembunyian para kecoa.

6. Kopi

Aroma kopi yang sangat kuat tidak disukai kecoa, karena itu bubuk kopi sangat ampuh mengusir kecoa di area dapur. Bunda tinggal menaburkan bubuk kopi hitam di beberapa sudut dapur yang sering menjadi tempat kecoa bersembunyi, atau sering didatangi kecoa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});