Usir TIkus Dengan Cara Aman Ini

Usir TIkus Dengan Cara Aman Ini Sumber : Istimewa

Winnetnews.com - Hewan pengerat tikus memang dikenal sebagai hewan yang datang tak diundang dan pulang tak diantar. Akan sangat memusingkan jika hewan pengerat tersebut sudah masuk ke dalam rumah, tikus juga merupakan hewan kotor yang bisa memicu beragam penyakit berbahaya. Sejumlah cara mengusir tikus biasa dilakukan seperti menggunakan racun tikus, lem tikus hingga menggunakan jasa pembasmi tikus.

Namun sejumlah cara mengusir tikus ini biasanya akan membawa dampak buruk bagi kita juga. Tikus yang mati karena memakan racun biasanya akan mati di area yang susah untuk kita jangkau dan bisa menimbulkan bau bangkai dan juga kuman. Ini yang membuat  kita membutuhkan cara mengusir tikus yang alami tanpa harus mengorbankan kesehatan kita.

Seperti ulasan tips dan trik dari Kania di bawah ini terkait cara mengusir tikus. Yuk simak dulu, biar rumahmu bisa terbebas dari hewan pengerat yang satu ini!

1. Kapur barus sebagai salah satu cara mengusir tikus

Pilih kapur barus pengusir tikus sabagai cara mengusir tikus di rumahmu. Hewan pengerat itu sangat tidak suka dengan bau-bauan yang harum seperti kapur barus. Caranya adalah dengan menaruh kapur barus di tempat yang sering didatangi oleh tikus. Dengan begitu mereka akan merasa terganggu dan tidak ingin mendatangi rumahmu lagi. Cara mengusir tikus dengan trik ini bisa kamu lakukan dengan mudah karena kapur barus pengusir tikus ini sangat mudah untuk didapatkan.

2. Cara mengusir tikus dengan memelihara jangkrik di rumah

Memelihara jangkrik bisa menjadi salah satu cara mengusir tikus yang cukup ampuh. Konon tikus tidak suka dengan tempat yang bising dan ramai. Sehingga suara jangkrik yang tak seberapa nyaring atau jangkrik aduan bisa mengganggu pendengaram tikus. Kamu bisa menaruh hewan jangkrik di area yang sering dilalui oleh tikus. Ini bisa menjadi cara mengusir tikus yang efektif dan alamiah.

3. Kulit durian juga ampuh sebagai cara mengusir tikus

Buah yang satu ini selain memiliki cita rasa yang nikmat, rupanya bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus atau hewan pengerat lainnya. Bagian yang digunakan sebagai cara mengusir tikus adalah pada bagian kulitnya. Caranya kamu cukup memotong kulit buah durian kemudian letakkan di tempat-tempat yang sering didatangi oleh tikus curut. Selain memiliki duri yang tajam, aroma buah durian yang menyengat ampun sebagai salah satu cara mengusir tikus.

4. Memelihara kucing di rumah juga bisa menjadi cara mengusir tikus yang jitu

Memang sudah kodratnya kalau kucing adalah musuh utama dari tikus. Apalagi tikus kampung yang biasanya suka memangsa tikus. Kucing biasanya memiliki penciuman yang tajam dan akan tahu di mana tikus bersembunyi. Hanya mendengar suara kucing saja, tikus-tikus bisa lari ketakutan. Dengan memelihara kucing sebagai cara mengusir tikus, kamu akan bisa mengusir tikus dari rumah karena mereka akan takut jika kucing tersebut akan memangsanya.

5. Cara mengusir tikus dengan menggunakan baking soda

Bubuk soda atau baking soda bisa menjadi cara mengusir tikus dengan alami. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tikus tidak  bisa bersendawa atau mengeluarkan gas yang ada pada tubuhnya. Maka dari itu bubuk catau cairan baking soda bisa menjadi cara ampuh mengusir tikus.

Cara mengusir tikus dengan menggunakan baking soda mudah banget kok, hanya dengan mencampurkan baking soda ke makanan yang digemari oleh tikus. Biasanya setelah soda bereaksi, ini akan menyebabkan badan tikus menggembung karena mereka tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus tidak akan langsung mati di tempat, melainkan mereka akan lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut.

6. Cara mengusir tikus secara alamiah dengan daun mint

Cara mengusir tikus yang aman bagi kesehatan yang lainnya adalah dengan menggunakan daun mint. Daun ini tidak hanya berguna buat tubuh, tapi rupanya memiliki kegunaan lainnya yaitu sebagai tanaman pengusir tikus. Hewan pengerat ini tidak tahan dengan aroma mint yang tajam, sehingga jika menciumnya saja, tikus-tikus ini bisa mabuk dan terkulai lemas.

Cara mengusir tikus dengan mint sangat mudah. Yaitu dengan menyiapkan seikat daun mint dan kemudian ambil sarinya ketika dilarutkan dalam air. Setelah larut, semprotkan cairan mint ke area yang sering dilalui tikus. Ini akan menjadi cara mengusir tikus yang ampuh sekaligus alamiah.

7. Bubuk atau saus cabai dicampur dengan deterjen dan air sebagai cara mengusir tikus

Untuk cara mengusir tikus yang lainnya adalah dengan menggunakan campuran saus cabai dengan deterjen dan dicampur dengan air. Taruh campuran tadi ke dalam botol semprotan, kemudian semprot cairan tersebut ketika tikus muncul.  Cairan ini efektif menjadi cara mengusir tikus yang tepat karena tikus akan merasa panas dan lari terbirit-birit.

8. Cara mengusir tikus dengan irisan bawang

Siapa yang tahan dengan bau yang dihasilkan irisan bawang? Salah satu yang tidak tahan adalah hewan pengerat. Mereka juga tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini, sehingga ini juga merupakan cara mengusir tikus yang ampuh. Letakkan irisan bawang di tempat yang sering mereka datangi atau di tempat persembunyian mereka, dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di sana.

9. Lada bubuk sebagai cara mengusir tikus

Selain menjadi salah satu bumbu yang bisa menyebabkan kamu bersin-bersin ketika menambahkannya ke dalam masakan, rupanya lada bubuk juga ampuh sebagai cara mengusir tikus lho. Cara mengusir tikus dengan lada bubuk adalah dengan menaruh sedikit saja lada bubuk di tempat persembuyian mereka atau di tempat yang sering mereka datangi. Ini akan membuat mereka merasa terganggu dan pergi. Senyawa piperin yang sangat menyengat mampu membuat lada menjadi salah satu cara mengusir tikus secara alami.

10. Cara mengusir tikus dengan bedak bayi

Cara mengusir tikus yang sederhana lainnya adala dengan menggunakan bedak bayi. Caranya pun sangat mudah lho, kamu hanya perlu menaburkan bedak bayi tersebut pada tempat yang sering dilalui oleh tikus. Cara mengusir tikus ini memang tidak serta merta langsung bisa mengusir mereka secara langsung. Namun apabila kamu melakukannya secara berkelanjutan, ini akan membuat mereka jera dengan sendirinya.

Kalau kamu sudah mengusir tikus dari rumah kamu harus mencegahnya masuk lagi ke rumah dengan cara ini