Usul Pemindahan Ibu Kota Ditentang Banyak Pihak, Luhut Pandjaitan: Kalau Tidak Mau ke Surga Saja Sana!

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Usul Pemindahan Ibu Kota Ditentang Banyak Pihak, Luhut Pandjaitan: Kalau Tidak Mau ke Surga Saja Sana! Luhut Padjaitan (sumber: monitor.co.id)

Winnetnews.com - Pro dan kontra perihal pemindahan ibu kota masih marak dibicarakan oleh masyarakat. Bukan hanya masyarakat, pemindahan ibu kota ke daerah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ini juga banyak mendapat perhatian dari beberapa politikus. Tidak sedikit pihak-pihak yang dalam pemerintah yang merasa ide pemindahan ini tidak sesuai.

Kesal dengan banyaknya pihak yang menentang rencana pemindahan ibu kota, Luhut Binsar Pandjaitan angkat suara.

“Ya kalau tidak mau ibu kota pindah, tinggal di surga saja sana!” tegas Luhut kepada awak media, dikutip dari Detik.com, Senin (09/09).

Ia juga menjelaskan bahwa sebenarnya Jokowi memiliki pandangan yang cemerlang terakit ide pemindahan ibu kota ini.

“Saya perhatikan Pak Presiden ini memiliki visi yang bagus. Memang tidak bisa dihindarkan jika ada pro-kontra seperti ini,” celetuk Luhut di depan Dewan Badan Anggaran DPR, Senin (09/09).

Merespon keraguan dari banyak pihak, Luhut menjelaskan bahwa ibu kota baru akan mengusung tema ‘smart city’.

“Kita akan membawa tema ‘smart city’ untuk ibu kota baru kita nanti. Kita juga akan menggunakan electric vehicle (EV) sebagai trasportasi masyarakat,” jelas Luhut.

Anggota DPR Fraksi Partai Golkar, Noor Achmad, merasa paparan Luhut tidak penuh. Anggaran yang diminta Luhut menurut Noor Achmad tidak mencantumkan program-program pembangunan yang akan diusung.

“Karena ada pembinaan ibu kota baru, saya belum melihat program anggaran untuk itu, apakah itu masuk konsolidasi, pengendalian, atau koordinasi,” ungkap Noor Achmad, dilansir dari Detik.com, Senin (09/09).

Namun Luhut merespon pertanyaan Noor Achmad dengan alasan bahwa pihaknya masih menunggu kajian dari Badan Perencanaan Nasional (Bappenas).

Apa Reaksi Kamu?