Utang Indonesia Rp 3.400 Triliun, Sri Mulyani Yakin Indonesia Mampu Bayar
Foto: sumber: sindonews.com

Utang Indonesia Rp 3.400 Triliun, Sri Mulyani Yakin Indonesia Mampu Bayar

Sabtu, 19 Nov 2016 | 19:25 | Rike

WinNetNews.com- Saat ini utang pemerintah Indonesia mencapai Rp3.400 triliun,namun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati nampak santai. Dia yakin Indonesia mampu membayar utang tersebut.

Dikutip dari Sindonews.com, Sri menyebut, kunci dalam membayar utang-utang ini yaitu dengan terus meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena, semakin makmur negara maka tingkat kemampuan membayar utangnya bakal jauh lebih besar.

"Cadangan ekonomi untuk membayar utang dari size ekonomi kita yang makin besar. Kalau setiap tahun tumbuh 5%-6% maka akan punya kemampuan lebih besar. Tentu lebih sehat," terangnya di acara Rakernas Nahdlatul Ulama di Gedung PBNU, Jakarta, Sabtu (19/11/2016).

Sekarang, tambah Sri, dengan tingkat pertumbuhan ekonomi sekitar 5% dan jumlah defisit di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) bisa dijaga, utang pemerintah terus menurun walau masih dalam nominal yang cukup besar.

Sebab itulah, yang perlu dilakukan saat ini adalah dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga di atas 6%. "Jadi jumlah tambahan utang tiap tahun lebih kecil dari pertumbuhan ekonominya. Tentunya akan lebih sehat," kata dia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...