Utang Karena Kepepet, Apa Boleh?
Ilustrasi: Ward Adams Bryan-Lambs

Utang Karena Kepepet, Apa Boleh?

Minggu, 15 Des 2019 | 15:10 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Membuat perencanaan keuangan merupakan sesuatu yang esensial bagi setiap orang. Tidak bisa dipungkiri bahwa ada saat-saat dimana kita merasa membutuhkan uang dalam kondisi super mendesak. Jika tidak memiliki simpanan uang, jalan satu-satunya yang biasa ditempuh orang adalah dengan berhutang.

Berhutang yang dilakukan tanpa piker panjang dapat sangat beresiko. Kamu perlu membuat pertimbangan super matang ketika berhutang. Dilansir dari Fimela, ahli keuangan Prita Hapsari Ghozie menyebut bahwa berhutang apabila ditujukan untuk hal baik dan produktif tentu tidak apa-apa. Berhutang secara positif ini sering dikenal dengan sebutan debt management.

image0
Ilustrasi: Financial Framework

Utang sendiri memiliki kategori tersendiri: utang baik, utang jelek, dan utang jahat. Contoh dari utang baik adalah melakukan pinjaman rumah, pinjaman modal usaha, dan pinjaman pendidikan. Uang jelek bisa dilihat dari contoh pinjaman kendaraan. Meminjam uang untuk beli kendaraan adalah kesalahan karena kendaraan akan terus turun nilai jualnya tiap tahun. Sedangkan uang jahat adalah berhutang untuk keperkuan sehari-hari. Jenis utang jahat sama sekali tidak direkomendasikan.

Jika kepepet atau kebutuhan super mendesak menyergapmu, jangan langsung berpikir untuk mengambil utang. Coba cari alternatif lain seperti menjual aset, pinjaman bunga rendah dari orang tua, atau soft loan khusus karyawan. Kamu juga bisa menggunakan kartu kredit. Namun kamu harus ingat bahwa alternatif ini hanya menjadi jembatan saja. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa kamu memiliki pemasukan untuk melunasi utang-utang tersebut.

Hal yang paling penting adalah kamu harus hati-hati dalam berutang. Utang sama dengan janji, tidak bayar sekali saja bisa menimbulkan masalah yang berbuntut panjang. Jangan selalu jadikan alasan kepepet untuk berutang, ya!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...