Utangnya Kini Rp 3.098 T, Pemerintah: Masih Sangat Aman

Utangnya Kini Rp 3.098 T, Pemerintah: Masih Sangat Aman

Senin, 25 Jan 2016 | 13:58 | Rusmanto
WinNetNews.com - Pemerintah meyakini posisi utang pada akhir 2015 yang mencapai Rp 3.098,64 triliun masih aman. Karena rasio utang ini terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih berada di angka 27%.

Demikian diungkapkan Schneider Siahaan, Direktur Strategis dan Portfolio Utang, Ditjen Pembiayaan dan Pengeloaan Risiko (DJP2R) Kementerian Keuangan, Senin (25/1/2016).

Namun Schneider menyadari, masyarakat cukup kaget bila melihat angka yang besarnya mencapai ribuan triliun. Padahal selama rasio utang masih terjaga, berarti negara dalam posisi yang aman untuk melunasi utang.

Ia menambahkan, besaran utang tersebut merupakan akumulasi dari puluhan tahun sebelumnya. Ini merupakan dampak dari kebijakan pemerintah dalam penganggaran dalam APBN.

Bila tidak ingin menambah utang, maka solusinya adalah menyusun anggaran agar tidak defisit. Artinya belanja dan penerimaan harus berimbang. Akan lebih baik kalau dalam posisi surplus, sehingga bisa melunasi utang.

"Itu baru bisa terjadi kalau pajak kuat, melebihi belanja yang diperlukan. Artinya kita sudah menjadi sangat maju. Sekarang kita masih dalam pembangunan, APBN tidak cukup mampu memenuhi itu, sehingga harus dipenuhi dengan utang," pungkasnya.

disadur dari situs detik finance

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...