Vagina Terasa Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya

Vagina Terasa Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya

Sabtu, 21 Mar 2020 | 19:55 | Cindy Cesilia
Winnetnews.com -  Saat rasa gatal yang terjadi di area vagina kita harus menyelipkan tangan ke bagian bawah untuk menggaruknya. 

Belum lagi jika hal itu terjadi di tempat publik. Ternyata rasa gatal di area vagina bisa disebabkan oleh berbagai hal. 

Iritasi

Kemungkinan pertama yang bisa menyebabkan area vagina terasa gatal adalah iritasi. Coba ingat-ingat lagi, deh, produk apa saja yang kamu pakai di sekitar area itu. 

Infeksi jamur

Penyebab vagina gatal berikutnya adalah infeksi jamur. Menurut data dari Mayo Clinic, kondisi ini sangat normal terjadi dan bisa memengaruhi tiga dari empat wanita. 

Gejala yang ditimbulkannya adalah keputihan, rasa gatal, dan bau yang tidak sedap. Infeksi jamur dan bacterial vaginosis adalah kondisi yang mirip. 

Stres

Dikutip dari Healthline, stres dapat melemahkan sistem imun, akhirnya tubuh pun rawan terkena infeksi. Tidak hanya menimbulkan rasa gatal, stres juga bisa menyebabkan keputihan yang tidak normal.

Eksim

Eksim adalah peradangan kulit kronis yang sifatnya kambuhan. Ternyata kondisi ini juga bisa menyerang area luar vagina, yaitu vulva. Gejalanya meliputi kulit kering, menebal, kemerahan, bersisik, serta gatal dan panas. 

Dikutip dari National Eczema Association, eksim biasanya disebabkan oleh dua hal, yaitu genetik dan alergen. 

Bacterial vaginosis 

Bacterial adalah infeksi vagina yang terjadi karena terganggunya keseimbangan bakteri. Vagina memiliki bakteri baik yang bertugas untuk membersihkan area tersebut sekaligus mengusir bakteri jahat. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...