Vaksin Palsu Diduga Menyebar ke Provinsi Lainke Provinsi Lain

Vaksin Palsu Diduga Menyebar ke Provinsi Lainke Provinsi Lain

Senin, 18 Jul 2016 | 08:26 | Fellyanda Suci Agiesta
WinNetNews.com - Penyebaran vaksin palsu diduga sudah menyebar ke beberapa provinsi. Untuk membuktikan hal tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengerahkan petugas di daerah secara serentak untuk menemukan peredaran vaksin palsu.

Saat ini telah ditemukan 37 fasilitas pelayanan kesehatan di Sembilan provinsi yang membeli vaksin paslu. Sembilan provinsi tersebut yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Lampung, Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Andra Sjafril belum menerima hasil pemeriksaan ihwal penemuan dua jarus suntik yang dipalsukan, dan Serum tersebut adalah serum anti-tetanus dan anti-bisa ular yang ditemukan di sebuah klinik di Pekanbaru.

Badan Reserse Kriminal Mabes Polri menemukan puluhan ribu vaksin palsu beredar di Sumatera, namun jumlah vaksin palsu yang berada di Jawa lebih banyak lagi. Adapun provinsi yang terindikasi menggunakan vaksin palsu yaitu Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Data ini berbeda dengan data yang dimiliki BPOM.

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...