Valentino Rossi: Sirkuit Phillip Island Memang Bahaya

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Valentino Rossi: Sirkuit Phillip Island Memang Bahaya Foto: Russell Colvin via Bikesports News

Winnetnews.com - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi mengaku tidak kaget dengan cuaca buruk yang terjadi di Sirkuit Phillip Island sehingga membuat sesi kualifikasi MotoGP Australia 2019 harus diundur. Pasalnya, Rossi sudah mafhum bahwa melakoni balapan di Sirkuit Phillip Island memang berbahaya.

Pembalap MotoGP yang bisa dibilang merupakan yang paling senior tersebut sudah memahami kondisi dan situasi di berbagai sirkuit, termasuk Phillip Island. Rossi telah menjadi pembalap motor grand prix sejak 1997.

Lokasi Sirkuit Phillip Island yang berada di dekat pantai, membuat angin pun berembus lebih kencang ketimbang di sirkuit lainnya. Selain itu, Rossi sudah mengetahui bahwa sejak dahulu cuaca di Phillip Island tak bisa diprediksi. Ia bahkan pernah merasakan situasi yang lebih buruk dari yang terjadi sekarang.

“Kami telah mengalami cuaca buruk di sini (Phillip Island) selama bertahun-tahun. Tapi itu tidak seburuk yang terjadi untuk waktu yang lama. Saya ingat ketika tes dengan Aprilia di kelas 250cc 20 tahun yang lalu. Bahkan saat itu, ada badai, kami harus berhenti,” terang Rossi, seperti dilansir Okeszone Sport yang menukil dari Speedweek, Minggu (26/10/2019).

“Seringkali hujan deras di sini, kemudian banyak air. Tapi hari ini sebagian besar kering, angin adalah masalahnya. Itu sulit untuk dikalkulasikan. Pasalnya, itu terus-menerus bertiup dari arah lain. Terutama di tikungan menuju lautan, itu sangat berangin,” lanjutnya.

“Lalu ada banyak angin kencang sepanjang start hingga garis finis, jadi (Miguel) Oliveira mengalami kecelakaan saat pengereman untuk tikungan satu. Anda tiba di sana dengan kecepatan sangat tinggi dan tidak tahu apa yang terjadi kemudian. Tikungan tiga juga sangat berbahaya,” pungkas Rossi.

Apa Reaksi Kamu?