Vegetarian ? Ternyata Buat Siklus Mentruasi Tidak Teratur

Nadia Chevina
Kamis, 03 September 2015 13:40 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Kamis, 03 September 2015 13:40 WIB
Image Vegetarian ? Ternyata Buat Siklus Mentruasi Tidak Teratur

Untuk memiliki postur tubuh yang ideal tak sedikit orang yang melakukan diet dengan hanya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahna serta menghindari produk hewani atau yang lebih kita kenal dengan istilan menjadi seorang vegetarian.

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa diet vegetarian dapat menurunkan kolesterol secara efektif. Namun sayangnya gaya hidup ini juga bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur.

Seorang spesialis Obgyn, dokter ahli kandungan Rima Irwinda, bukan hanya vegetarian sebenarnya, tapi jika kita hanya makan satu jenis makanan, misalnya hanya makan ayam atau telur saja itu yang bisa mengganggu siklus menstruasi.

Untuk mendapatkan menstruasi yang teratur dibutuhkan nutrisi seimbang. Sementara, bagi orang-orang yang menjalani pola diet vegetarian yang membatasi protein, asupan yang didapatkannya hanya berasal dari nabati. Nutrisi dari nabati saja ternyata belum mencukupi.

"Vegetarian hanya makan sayur, protein yang didapatkan itu protein nabati. Kekurangan nutrisi tadi bisa memengaruhi pengeluaran dari hormon, sedangkan untuk siklus menstruasi yang normal itu butuh hormon yang seimbang," ujar Rima.

Menurut Rima, penyerapan zat besi yang dihasilkan oleh sayuran tidak setara dengan penyerapan zat besi yang dihasilkan oleh makanan hewani. Karena itu, biasanya vegetarian mengalami penyakit kekurangan sel darah merah.

"Zat besi yang dihasilkan dari nabati itu penyerapannya lebih lambat dibandingkan kalau zat besi yang didapatkan dari hewani. Jadi biasanya orang-orang vegetarian memiliki hemoglobin yang rendah sehingga menderita anemia, dan itu efeknya banyak bukan hanya pada siklus menstruasi," ungkap Rima.

Cara mudah tidak cepat gemuk meski sering makan.
Beginilah Kisah Perseteruan Antara Nirvana dan Guns n Roses

Reaksi Kamu