Venue untuk Pagelaran Asian Games 2018 Belum Siap 100 Persen
ilustrasi

Venue untuk Pagelaran Asian Games 2018 Belum Siap 100 Persen

Rabu, 2 Mei 2018 | 14:43 | Rusmanto

WinNetNews.com - Indonesia gagal memenuhi target Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang mengharuskan venue Asian Games siap akhir April. INASGOC memastikan infrastruktur kelar akhir Juni. 

Indonesia masih menyisakan beberapa renovasi dan pembangunan venue sampai saat ini. Salah satunya, venue bisbol. 

Stadion bisbol dibangun di area kompleks lapangan tenis, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan. Pembangunan stadion itu bahkan sampai menggusur lapangan-lapangan latihan tenis sehingga tak memenuhi syarat untuk dijadikan venue turnamen internasional. 

Pembangunan stadion bisbol itupun tak memenuhi syarat untuk menggulirkan ajang internasional. Sebab, stadion itu membutuhkan lapangan tambahan, yang saat ini tengah dibangun di Rawamangun, Jakarta Timur, Yang menjadi soal, pembangunan bisbol pendamping itu masih berjalan 45 persen. 

"Venue sudah on progress. Kalau kami lihat yang masih sedang mengejar itu, yakni venue squash (60 persen), lalu lapangan bisbol yang dibangun oleh DKI Jakarta. Sementara venue di Palembang, akan ada perbaikan pada cabang sepak takraw, lalu roller skate yang on going, lalu velodrome dan equestrian sudah siap," kata Erick Thohir, ketua INASGOC, usai rapat koordinasi Asian Games di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (30/4/2018). 

"Seperti kata Ketua Dewan Pengarah Asian Games (Jusuf Kalla) Insya Allah akhir Juni sudah siap semua," dia menambahkan. 

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Perbasasi, Leo Agus Cahyono, terus mengawasi agar pembangunan venue bisbol agar selesai tepat waktu. Meski dari pihak kontraktor DKI dan Sinar Mas, menjanjikan beres Juli nanti. 

"Baru 45 persen, masih ada yang kurang seperti pagar, padding yang belum ada, lampu dan listrik, juga ruang wasit dan juri. Hal lainnya seperti lapangan yang masih belum ada buat pemanasan," kata Leo. 

"Kata kontraktor bulan Juli beres. Tapi kami akan siasati dengan timing kami. Jadi salah satu tim bisa coba lapangan lebih dulu, karena kami harus uji coba venue juga," dia menambahkan. (detiksport)
 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...