Veronica Koman: Saya Dibiayai Kuliah Bukan oleh Pemerintah Indonesia, tapi Rakyat Papua
The Guardian

Veronica Koman: Saya Dibiayai Kuliah Bukan oleh Pemerintah Indonesia, tapi Rakyat Papua

Rabu, 16 Sep 2020 | 11:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Aktivis HAM Veronica Koman kembali menanggapi tagihan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kepada dirinya. Ia mengutarakan uang studinya tersebut didapat dari rakyat Papua, bukan dari pemerintah Indonesia.

"Saya merasa sangat berterimakasih sekaligus terharu. Dengan ini pula saya ingin camkan bahwa berarti saya dibiayai kuliah bukan oleh pemerintah Indonesia tapi oleh rakyat Papua," kata Veronica, Rabu (16/9).

Vero juga mengungkapkan, solidaritas yang ditunjukkan masyarakat Papua hingga kini membuat dirinya akan terus memperjuangkan hak asasi manusia rakyat Papua.

"Saya sudah mendedikasikan diri untuk Papua bahkan sebelum saya mulai dibiayai LPDP. Menyadari cinta kami saling berbalas, justru saya akan makin mendedikasikan diri lagi," tegasnya.

Sebelumnya, LPDP  meminta dana beasiswa itu kembali karena Veronica dianggap menyalahi kontrak perjanjian karena tak kembali ke Indonesia untuk mengabdi di Tanah Air usai studi selesai.

Meski begitu, hal tersebutdibantah oleh Veronica Koman. Ia mengaku sejak lulus pada 2018, Veronica Koman langsung kembali ke Indonesia.

Setelah masa studinya berakhir pada 2018 Veronica Koman mengaku telah mengabdi di Perkumpulan Advokat Hak Asasi Manusia untuk Papua (PAHAM Papua) yang berbasis di Jayapura. Selain itu ia juga aktif memberikan bantuan hukum pro-bono kepada para aktivis Papua pada tiga kasus pengadilan yang berbeda di Timika sejak April hingga Mei 2019.

Uang tersebut akan segera dikembalikan oleh Tim Solidaritas Ebamukai di Jakarta ke Kementerian Keuangan siang ini pukul 13.00 WIB. Menurut keterangan mantan tahanan politik Papua di Jakarta, Ambrosius Mulait mengatakan, uang tersebut berhasil dikumpulkan melalui sumbangan sukarela dari berbagai pihak.

"Dana yang terkumpul Ebamukai (sumbang sukarela) dari solidaritas rakyat Papua & internasional telah mengumpulkan dana sesuai tagihan LPDP terhadap Veronica Koman," kata Ambrosius/

Ia mengutarakan dana yang dikumpulkan untuk menanggung tagihan Veronica Koman merupakan bentuk solidaritas terhadap aktivis yang selama ini selalu menyuarakan permasalahan HAM di Papua.

"Oleh karenanya, kami yang akan mengembalikan uang kecil tersebut kepada negara yang selama ini telah mengambil banyak dari tanah kami," tegasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...