(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Versi AirNav, Inilah Kronologi Senggolan Pesawat Lion Air

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Versi AirNav, Inilah Kronologi Senggolan Pesawat Lion Air
WinNetNews.com - Yohanes Sirait, Head of Corporate Communications and Institution Relations AirNav Indonesia, menjelaskan perihal senggolan pesawat Lion Air di runway Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menurutnya, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT026 Jakarta-Denpasar berjenis AirBus A330, dengan JT770 Jakarta-Manado pesawat berjenis Boeing 737-900 itu awalnya sedang parkir.

"Sebenarnya masing-masing pilot sudah ada komunikasi dengan pihak controller (pengawas), kedua pesawat itu kan saat itu sedang parkir. Satunya di K13, satu lagi di A33. Kedua pesawat pushback (ditarik) setelah pilot bilang ready,” kata Yohanes, Senin (2/5/2016).

Artinya, pilot kedua maskapai petugas controller terlebih dahulu melihat kondisi di lapangan dan menanyakan terlebih dahulu kepada para pilot.

"Pilot kan yang tahu di lapangan mereka siap apa tidak. Barulah setelah dipastikan aman, pilot dapat izin pushback. Setelah dikasih izin, tiba-tiba pesawat malah senggolan," ungkapnya.

Baca juga: Dua Pesawat Lion Air Senggolan, Penumpang Terbang dengan Pesawat Pengganti

Kondisi kedua pesawat, kata Yohanes Sirait, pada sayap masing-masing pesawat mengalami kerusakan. Pesawat yang satu di sebelah kanan dan yang kedua di sayap kiri. Dia menambahkan, setelah kejadian tersebut, jadwal penerbangan pun menjadi delay.

"Atas kejadian ini kami masih melakukan koordinasi dengan Lion Air dan PT Angkasa Pura II untuk mencari tahu penyebab pasti mengapa kedua pesawat tersebut bisa bersenggolan,” tutupnya.

Dilansir: okezone

Foto: tempo

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});