Versi Digital Kamera Holga Kini Muncul

Versi Digital Kamera Holga Kini Muncul

Wingamers.com - Versi digital kamera Holga kini muncul. Ciri khas kamera klasik ini dimunculkan lagi. Namun tak menggunakan film. Bentuknya sederhana dengan bahan plastik dan navigasi otomatis. Kamu tidak perlu pusing memikirkan soal shutter speed, aperture, ISO atau white balance untuk memakainya. Cukup arahkan dan jepret saja.

Seperti umumnya kamera Holga, foto yang dihasilkan memang bernuansa "retro", dengan efek blur, dihiasi vignette dan terdapat bocoran cahaya di mana-mana. Namun hal tersebut justru menjadi ciri khas yang bernilai seni.

Holga orisinil pertama kali dibuat oleh seorang wirausahawan bernama T.M. Lee. Versi digital ini juga dibuat oleh Lee melalui kerjasama dengan beberapa rekannya.

"Kami merancang Holga Digital untuk siapapun, baik pengguna pertama atau penggemar fotografi. Menggunakan kamera ini, kamu akan memotret foto-foto yang indah dalam hitungan detik," tulis perusahan pembuat kamera tersebut, Holga Digital, seperti dilansir Peta Pixel.

Holga Digital hadir dengan berbagai pilihan warna, mulai dari putih, hitam, pink, hingga campuran berbagai warna (kuning, biru, pink, hijau). Selain itu ada juga pilihan aksesoris berupa lensa wide, fisheye, tele dan flash eksternal.

Soal spesifikasi, sensor CMOS ukuran 1/3.2 inci dengan resolusi 8 megapiksel dan pilihan aspect ratio 1:1 atau 4:3. Ada juga sebuah viewfinder untuk mengintip objek foto, aperture F2.8-8.0, shutter speed 1/60 atau bulb, slot memori SD, Micro USB serta jarak fokus minimal 1,5 meter. Namun proyek ini masih sedang mencari dana. Tertarik mendanai? Bisa dikunjungi situs kickstarter.