(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

[Video] Look Up, Smartphone, Dumb People

kontri
kontri

[Video] Look Up, Smartphone, Dumb People
WinNetNews.com – “Saya tidak tahan melihat keheningan dalam angkutan umum yang penuh sesak. Dimana tak seorangpun ingin berbicara karena takut dibilang aneh”. Itu adalah salah satu kalimat dari video berdurasi 5 menit ini. Sebuah video singkat mengenai dampak ketergantungan internet dalam hidup kita. Mari simak dulu video berikut.

Look Up – Gary Turk, w/ Indonesian subtitle

Video ini sebenarnya sudah cukup viral di kalangan netizen sejak April 2014 lalu. Namun apa yang Gary, sang spoken talent dan pengunggah video, omongkan sepertinya tidak akan basi hingga 10 tahun ke depan.

“Kita dikelilingi oleh anak-anak, yang sejak mereka dilahirkan melihat kita hidup seperti robot dan mereka menganggap itu normal,” Gary Turk.

Manusia hanya butuh 1 dekade untuk membuat inovasi yang merusak, namun butuh 20 sampai 30 kali lipatnya, bahkan lebih, untuk menyadari dan mulai memperbaiki. Jangan sebut inovasi seperti kantong plastik, styrofoam, tisu toilet.

“Sepertinya mustahil untuk menjadi orang tua hebat, karena kamu tidak bisa menghibur anak tanpa menggunakan iPad,” Gary Turk.

Teknologi tidaklah sepenuhnya salah. Tapi cara kita menyikapinya. Smartphone adalah inovasi hebat, namun ia ada dalam bentuk yang pasif. Kita lah subjek aktif, pilihan ada di tangan kita. Saya tidak meminta Anda untuk membuang smartphone Anda, hanya bersikap dewasa dalam memanfaatkannya, dan jangan sampai dimanfaatkan olehnya.

Kita tengah mengubah sejarah manusia, menempatkan jalur untuk anak-anak kita. Akankah kita menghilangkan tawa anak-anak di taman bermain, dan menggantinya dengan “LOL”, “ROTF”, dan “hahaha…”. Atau memberi mereka kesempatan untuk benar-benar merasakan dunia, dalam hidup yang hanya satu kali ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});