[Video] Tidak Semua Orang Merayakan Hari Colombus

[Video] Tidak Semua Orang Merayakan Hari Colombus

 

WinNetNews.com - Hari Colombus diperingati di benua Amerika dan Spanyol. Namun bukan tanpa kontroversi. Seperti dilansir The Guuardian, ini adalah peringatan pendaratan Colombus menemukan benua baru. Di Madrid ribuan orang Spanyol merayakannya dengan mengibarkan bendera sebab hari Colombus juga hari libur nasional.

Namun tidak semua orang di Spanyol merayakan hari Colombus. Walikota Barcelona, Ada Colau, mengatakan bahwa dia tak suka hari Colombus dirayakan sebab seolah merayakan pembantaian masal masa silam. Dia bahkan mengkritik parade militer yang menghabiskan biaya 800 ribu Euro. Pendapatnya diamini rekan separtainya.

Walikota Cadiz, José María González, juga sependapat. Ia mengatakan bahwa Colombus memulai pembantaian dan penjajahan, sehingga tak perlu dirayakan. Colombus mendarat tahun 1492 di Amerika dan momen itu dirayakan sebagai hari Colombus. Mereka yang tidak setuju kebanyakan adalah walikota dari partai-partai berhaluan kiri.

Di Amerika Serikat, kota seperti Seattle dan Albuquerque, menamai hari Colombus sebagai hari warga asli. Di Spanyol ini menandai polarisasi masyarakat yang terbelah antara yang ingin berada dalam satu negara dan mereka yang ingin merdeka.