Vietnam Keberatan Akan Klaim Cina di Laut Cina Selatan

Vietnam Keberatan Akan Klaim Cina di Laut Cina Selatan

Rabu, 20 Jan 2016 | 18:45 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Pemerintah Vietnam menyatakan bahwa langkah pemindahan unit pengeboran minyak atau rig milik perusahaan Tiongkok ke kawasan perairan yang di pertikaikan dua negara di Laut China Selatan bisa mengakibatkan perselisihan baru seperti yang telah terjadi pada tahun 2014.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Hai Binh dalam pernyataannya yang dilansir laman resmi kementerian, Selasa 19 Januari 2016 menyebutkan, Vietnam telah meningkatkan kewaspadaannya dengan negara tetangganya atas langkah pemindahan rig pengeboraan minyak Haiyang Shiyou.

Pemerintah Viernam juga telah menuntut Tiongkok menghentian setiap langkah pemboran, dan memindahkan kembali rig pengeboran minyak tersebut dari area yang masih menjadi kawasan sengketa kedua belah pihak.

 

“Vietnam menuntut Tiongkok untuk tidak melakukan aktivitas pengeboran minyak dan menarik rig pengeboran Hai Duong 981 dari kawasan tersebut,” kata Hai Binh. Nama Hai Duong 981 digunakan Vietnam untuk menyebut nama rig yang oleh Tiongkok disebut Haiyang Shiyou.

“Vietnam berhak atas segala hak legal dan kepentingan di kawasan itu berdasarkan hukum internasional,” tandas Hai Binh.

Unit pengeboran minyak yang kini diributkan kedua belah pihak tersebut terletak di tengah kawasan yang dipertikaikan, yakni di kawasan lepas pantai Vietnam tengah. Kemudian unit rig tersebut digeser, sehingga sempat menimbulkan insiden anti Tiongkok di Vietnam, dan membawa hubungan kedua belah negara tersebut ke level paling rendah dalam beberapa tahun terakhir.

(seperti dilansir dari Berita Satu)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...