Viral Alat Pelindung Diri Buatan Indonesia, Ini Penjelasan BNPB

Viral Alat Pelindung Diri Buatan Indonesia, Ini Penjelasan BNPB

Kamis, 26 Mar 2020 | 11:07 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com - Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memberi penjelasan terkait  alat pelindung diri (APD) bantuan dari China yang bertuliskan "Made in Indonesia".

"Dua hari ini dapat banyak pertanyaan media kenapa APD yang diimport ada tulisan 'Made in Indonesia'," kata Agus melalui akun Twitter pribadinya.

Dilansir dari Tempo.co, Ia menjelaskan bahwa saat ini banyak pabrik pembuatan alat pelindung diri (APD) yang terletak di Indonesia. 

"Bahkan tidak hanya APD banyak produk terkenal seperti pakaian, sepatu, tas, dan lain-lain yang pabriknya juga berada di Indonesia," ungkap Agus..

Ia mengutarakan, meski APD tersebut dibuat di Indonesia, semua bahan baku alat pelindung diri ini berasal dari negara yang memesan seperti China atau Korea. Dia menyebut pabrik di Indonesia hanya menjahit dan merapikan agar siap pakai.

Setelah jadi, APD akan dikirim kembali ke negara pemesan. "Untuk dipakai sendiri atau dijual kembali ke mana saja, bisa juga dijual ke Indonesia lagi," katanya.

Agus kemudian menuturkan pernah ada kejadian Bea Cukai menemukan APD yang akan diekspor ke Korea, padahal APD tersebut memang punya Korea. Namun karena kebutuhan dalam negeri ditahan terlebih dahulu. 

"Karena kita sedang butuh maka ditahan dulu agar bisa dipakai di Indonesia," kata Agus.

Menurut Agus, setelah negosiasi dengan Kedutaan Besar Korea maka disepakati setengah APD itu diekspor dan sisanya digunakan untuk dalam negeri.

"Itulah kenapa APD yang dipakai made in Indonesia. Bisa jadi APD bantuan China seperti itu juga, jadi jangan heran jika APD bantuan atau beli di Cina tapi made in Indonesia."

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...