Viral Bendera Merah Putih Dikencingi, Polri: Kami Interogasi Empat Pelaku

Khalied Malvino
Khalied Malvino

Viral Bendera Merah Putih Dikencingi, Polri: Kami Interogasi Empat Pelaku Ilustrasi borgol. (Foto: RRI)

Winnetnews.com - Empat orang diduga kuat melakukan pelecehan terhadap bendera merah putih yang viral di media sosial, Jum;at (9/11/2019). Merespon tindakan tersebut, polisi segera menangkap para pelaku.

Mengutip CNN Indonesia, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol. Dedi Prasetyo mengungkapkan kesemua pelaku sedang diperiksa secara intensif.

"Saat ini empat pemuda tersebut masih diinterogasi oleh tim gabungan Polres Indragiri Hulu (Inhu)," kata Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Minggu (12/8/2019).

Empat pelaku yang diamankan yakni BOS, MFS, MSS, dan DSW. Keempatnya merupakan warga Indragiri Hulu. Dedi mengatakan empat pelaku melakukan aksinya pada Jumat (9/8/2019)) malam pukul 23.40 WIB. Video tersebut diunggah melalui Instagram story pelaku.

"BOS memposting video tersebut ke insta strory Instagram miliknya dengan nama akun @boswestaaa," kata Dedi.

Keempatnya dijerat dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan bendera merupakan simbol kedaulatan dan kehormatan negara.

Dalam undang-undang itu juga tercantum jerat pidana bagi warga yang melakukan penghinaan terhadap lambang negara.  Sanksi itu diatur dalam Pasal 154a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

"Barang siapa menodai bendera kebangsaan Republik Indonesia dan lambang Negara Republik Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak Rp 45 ribu," bunyi pasal tersebut.
 

Apa Reaksi Kamu?