Viral Demo RKUHP Banyak Poster Nyeleneh, Begini Kata Psikolog
Foto: Jogja Tribun News

Viral Demo RKUHP Banyak Poster Nyeleneh, Begini Kata Psikolog

Rabu, 25 Sep 2019 | 10:25 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Demo yang dilakukan oleh mahasiswa beberapa hari terakhir ternyata memang menyita perhatian publik. Selain menyoroti aksi serempak para mahasiswa, netizen ternyata juga membahas mengenai beraneka ragam poster dengan kalimat lucu yang menghiasi aksi-aksi demonstrasi.

image0
Foto: Tribun News
image1
Foto: Liputan6

Beberapa netizen bahkan berkomentar jika demo yang dilakukan oleh para mahasiswa ini seperti tidak serius dan seolah digunakan untuk ajang bercanda. “Demonya mulai banyak yang bercanda kayak gini ya,” ujar salah satu pengguna Facebook.

Melihat maraknya poster-poster demo lucu yang betebaran di media sosial, psikolog klinis Anastasia Satriyo menjelaskan bahwa maraknya poster lucu dan meme jenaka menjadi cara mahasiswa generasi Z untuk berekspresi menyuarakan pendapat. Ia mengatakan bahwa cara anak zaman sekarang tentu berbeda jika dibandingkan ketika era 1998.

“Dalam psikologi itu jarang menilai sesuatu yang baik atau buruk, positif atau negatif. Tapi poster-poster itu menunjukkan hal-hal yang ingin mereka suarakan. Ekspresi ini merupakan gambaran dari usia mereka,” jelas Anastasia, dikutip dari Detik.com, Rabu (25/09).

Anastasia menyebut jika benar atau salah kembali ke pribadi masing-masing. Bukan berarti jika membawa poster lucu dan ‘nyeleneh’ diartikan sebagai mahasiswa yang tidak niat ikut demo.

“Ya itu sebenarnya adalah salah satu cara generasi zaman now untuk mengekspresikan diri. Kalau tahun 1998 mungkin mahasiswanya lebih serius dan konkret, namun sekarang eranya sudah berbeda dengan banyak menambah unsur kelucuan seperti meme atau poster. Tidak bisa disamakan karena eranya beda, cara berekspresi juga berbeda,” tandasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...