Viral! Foto Polisi Kelelahan Hingga Tertidur Saat Menjaga Arus Mudik Tol Cipali

Oky
Oky

Viral! Foto Polisi Kelelahan Hingga Tertidur Saat Menjaga Arus Mudik Tol Cipali Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Foto seorang polisi terlihat tertidur bersandar di motor patrolinya tengah viral di media sosial dalam dua hari terakhir.

Di sebuah postingan Facebook, polisi tersebut tertidur saat bertugas mengatur arus mudik di Tol Cipali.

Foto ini pun langsung mendapatkan simpati dari para netizen

" profesi adalah pilihan, konsekwensi adalah tantangan dan itu akan melekat di diri kita masing2, ini akan terasa indah kalau kita tulus menjalaninya, dan akan jadi beban kalau hanya tuntutan tugas...bravo hanya utk pak polisi yg dalam gambar status... " tulis Wesdimar Sidi Bandaro.

Foto yang sama ternyata juga diunggah oleh akun Instagram Satlantas Polres Subang, @lantas_subang.

Nah, belakangan terkuak, nama polisi itu adalah Bripka Wawan Somantri.
Dia bertugas sebagai Motoris Patwal Subang.

Bripka Wawan mengakui, ia memang tertidur setelah mengatur arus mudik di KM 104 Cipali, Senin (11/6/2018), pukul 06.00 WIB.

"Dari (Minggu) mulai jam 19.00, kami langsung kenTol Cipali. Itukan kendaraan arus mudik pada berdatangan. Kami sampai (Senin) pagi lagi," kata Wawan, dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/6/2018).

Wawan mengakui, ia tertidur karena kelelahan.

"Enggak sengaja (tertidur), lelah. Dudukan saja malah jadi ketiduran. Dapat setengah jam-an lah tiduran. Habis ngatur kayak gitu, terus sudah mulai lancar kembali habis Subuh," kata Bripka Wawan .

Bripka Wawan mengungkapkan, jumlah kendaraan di Tol Cipali di akhir pekan kemarin, mulai padat.

Macet pun tak terhindarkan, apalagi karena banyak kendaraan yang berhenti di luar rest area.

"Puncak keramaian itu jam 01.00 pagi hingga menjelang sahur. Itu di pinggir jalan semuanya orang pada mau makan. Kalau di rest area kan penuh. Makannya mereka makan di pinggir jalan, makan bersama keluarga," kata dia.

Bertugas mengatur lalu lintas saat mudik sudah bertahun-tahun dijalani Bripka Wawan . Tepatnya, sejak 2006.

"Sudah dari tahun 2006, sudah lama saya di lapangan. Dulu ketika belum ada Tol Cipali, tugasnya di Pantura," kata Bripka Wawan .

Saat ditanya, apakah ia bisa merayakan Lebaran bersama keluarga, ia mengatakan, tergantung arus lalu lintas jelang Lebaran.

"Tergantung keadaan macetnya ini. Kalau misalkan kendaraan masih ada sampai pagi, kami tidak berani meninggalkan, takutnya ada kecelakaan atau apa gitu kan," kata Wawan.

Menurut dia, keluarga sudah memahami tuntutan tugas dan profesinya sehingga tak mempermasalahkannya.

"Ya namanya tugas, kan demi negara jadi maklum," lanjut dia.

Kecintaan terhadap profesi dan rasa tanggung jawab, membuat Bripka Wawan menjalani pekerjaannya tanpa beban.

Bahkan, ia merasa terharu ketika melihat para perantau melakukan perjalanan mudik untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

"Kalau kami melihat orang mau mudik, kadang-kadang inget sama keluarga. Ya orang itu lewat di pinggir jalan suka ada yang bilang. 'Sabar ya Pak ya'" ujar dia.

Dukanya, saat kondisi lalu lintas macet, tak sedikit pengemudi yang tak bisa mengendalikan emosinya.

"Kita harus dengan kesabaran mengimbau orang-orang yang berhenti dan menyebabkan macet. Tapi kembali ke orang-orang tersebut, ada yang marah juga. Padahal kan untuk kelancaran kita semua," kata dia. 

Apa Reaksi Kamu?