Viral Momen Jokowi-Surya Paloh, Ternyata ini Lima Manfaat Hebat Berpelukan
Jokowi dan Surya Paloh berpelukan (foto: Antara)

Viral Momen Jokowi-Surya Paloh, Ternyata ini Lima Manfaat Hebat Berpelukan

Selasa, 12 Nov 2019 | 10:50 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Momen politik dalam peringatan HUT Partai NasDem ke-8 yang paling fenomenal adalah ketika Presiden Jokowi berpelukan dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Terlepas dari banyaknya drama dan spekulasi yang bermunculan terhadap dua sosok tersebut, berpelukan ternyata memberikan manfaat yang besar bagi tubuh.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bahkan sempat menyinggung masalah ini melalaui sebuah unggahan di Instagram. Unggahan tentang momen pelukan Jokowi-Paloh dan sebuah potongan artikel kesehatan yang memberi penegasan bahwa berpelukan itu bagus untuk kesehatan.

“Berpelukan itu baik. Berpelukan itu meredakan nyeri otot, menurunkan rasa stres, meningkatkan empati, meredakan peradanganm dan meningkatkan konektivitas,” celoteh Ridwan Kamil dalam caption miliknya.

Merangkum dari Healthline, berikut adalah lima manfaat berpelukan yang sebelumnya disinggung oleh Ridwan Kamil.

1. Meredakan stres dan kegelisahan

Kontak fisik yang terjadi saat berpekukan dipercaya dapat memicu pelepasan oksitosin. Hormon ini sering disebut ‘hormon senang’ yang berfungsi menangkal stres dan emosi negatif. Hormon ini juga dikenal sebagai hormon cinta karena bisa meningkatkan social bonding antara orang-orang yang berpelukan.

2. Menurunkan tekanan darah

Orang-orang dengan hipertensi disarankan untuk banyak berpelukan. Sebuah penelitian yang menguji 59 wanit menopause di jurnal Biological Psychology menungkap bahwa rutin berpelukan ternyata bisa membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...