Viral Penampakan Awan Pelangi di Langit Tokyo
Foto: Weather News

Viral Penampakan Awan Pelangi di Langit Tokyo

Rabu, 1 Jul 2020 | 09:27 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Kejadian yang tidak biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, tentunya selalu menarik perhatian. Seperti yang baru-baru ini terjadi di Tokyo, Jepang. Sebuah fenomena langka yang biasa disebut dengan ‘awan pelangi’ belum lama ini terlihat di langit Tokyo dan fotonya banyak dibicarakan di media sosial.

Berdasarkan laporan OddityCentral, pada Jumat (26/6) lalu terlihat awan berwarna-warni di langit Tokyo. Warganet pun membagikan fenomena langka tersebut di media sosial Twitter.

Tak seperti awan biasa yang berwarna putih, awan tersebut malah nampak layaknya sebuah pelangi yang memiliki beragam warna. Akan tetapi, fenomena optis ini lebih dekat dengan halo es daripada pelangi.

Mengutip ettoday.net, fenomena astronomi langka ini adalah Circumhorizontal Arc. Fenomena awan multicolor ini juga dikenal dengan nama ‘fire rainbow’ karena terkadang terlihat seperti warna-warni yang menyala di langit.

Ketika matahari melewati awan cirrus dengan lebih banyak “Kristal es” di langit atas, ia menghasilkan 58 derajat setelah pembiasan. Sehingga awan-awan itu akan nampak seperti pelangi yang terbakar di langit.

Fenomena ini sebenarnya umum di beberapa negara seperti Amerika Serikat, di mana awan tersebut akan muncul setiap musim panas. Sedangkan untuk orang-orang yang tinggal di kawasan Eropa Utara, hal ini akan jarang dialami.

Setelah foto ini diunggah di media sosial, banyak warganet yang memberikan komentar mereka terkait fenomena ini.

“Pelukis ini melukis di langit,” komentar seorang warganet.

“Rasanya seperti tanda sesuatu,” timpal yang lainnya.

“Aku bahagia dapat melihat sesuatu yang indah dalam hidupku,” kata warganet lain.  

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...