Viral Potret Komodo Hadang Truk di Pulau Rinca
Foto: Twitter/KawanBaikKomodo

Viral Potret Komodo Hadang Truk di Pulau Rinca

Senin, 26 Okt 2020 | 09:31 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Komodo saat ini sedang menjadi perbincangan hangat publik di media sosial. Tagar #SaveKomodo sejak Minggu (25/10) kemarin hingga saat ini, menjadi trending topic di platform Twitter.

Sebuah akun Twitter bernama @KawanBaikKomodo, mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan seekor Komodo yang tengah menghadang sebuah truk berwarna hijau yang diduga membawa material proyek yang tengah berlangsung di sana. Kiriman yang dibuat pada Jumat (23/10) lalu tersebut, mendapat banyak perhatian warganet.

“Sedih! Komodo berhadap2an dengan truk proyek bangunan Wisata Jurassic di Pulau Rinca. Untuk pertama kalinya Komod2 ini mendengar deru mesin2 mobil dan menghirup bau asapnya. Akan seperti apa dampak proyek2 ini ke depannya? Masih adakah yg peduli dengan konservasi?” tulis @KawanBaikKomodo.

Tagar #SaveKomodo sampai sekarang sudah digunakan oleh 25,5 ribu cuitan warganet. Sedangkan cuitan yang dibuat oleh @KawanBaikKomodo telah diretweet oleh 9,6 ribu akun Twitter lainnya.

Menanggapi viralnya foto tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono angkat bicara. Basuki mengatakan bahwa proyek pembangunan di Pulau Rinca, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur selalu mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi.

“Pembangunan infrastruktur pada setiap KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pengembangan infrastruktur yang mempertimbangkan aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi,” jelasnya dikutip Tempo.

Untuk mendukung pengembangan infrastruktur di Pulau Rinca ini, Kementerian PUPR melakukan perjanjian Kerja sama dengan KLHK. Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan bahwa Pulau Komodo menjadi tujuan pariwisata eksklusif berkelas internasional. Selain tujuan dalam bidang pariwisata, pemerintah juga berencana untuk membangun pusat penelitian, karena komodo merupakan hewan purba yang masih hidup hingga sekarang.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...