Viral Potret Kulit Penuh Gurat Merah Usai Pakai Lotion Abal-abal
Foto: MeraMuda

Viral Potret Kulit Penuh Gurat Merah Usai Pakai Lotion Abal-abal

Jumat, 14 Feb 2020 | 14:35 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Krim kecantikan yang menjanjikan hasil kulit putih dan bersih banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, tak semua krim tersebut aman untuk digunakan.

Pasalnya terdapat beberapa produsen yang menggunakan bahan berbahaya dalam produknya. Para konsumen yang tidak hati-hati dan teliti, maka bukannya mendapatkan kulit yang mulus dan bersih, malahan mendapati kulitnya menjadi rusak.

Seorang dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr Listya Paramita, Sp.KK melalui akun Instagramnnya membagikan sebuah postingan yang memperlihatkan kondisi kulit seseorang setelah menggunakan krim pemutih abal-abal. Postingan yang dibuat pada Selasa (12/02) ini menjadi viral dan sudah disukai oleh lebih dari 12 ribu pengguna Instagram.

Dokter yang biasa disapa dengan nama Mita itu menyertakan beberapa foto yang telah mendapatkan persetujuan dari pihak yang bersangkutan. Dalam foto tersebut terlihat beberapa area kulit di kaki dan lengan pasien, nampak memiliki banyak stretch marks. Mita menjelaskan kalau kondisi itu terjadi kepada pasiennya karena ia menggunakan lotion pemutih yang tak terdaftarkan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Gak ada bahan aktif lain yang bisa bikin kayak gini, satu-satunya ya hanya PENYALAHGUNAAN STEROID. Lotion diisi steroid di dalamnya.. pertanyaannya, siapakah ORANG YANG SOK IDE BANGET BIKIN LOTION DICAMPURI STEROID????? PENJAHAT!!!” tulisnya dalam unggahan tersebut.

Mita menjelaskan kalau steroid hanya diresepkan khusus untuk seseorang yang memiliki kondisi kulit tertentu dengan dosis yang disesuaikan.

“Steroid itu obat, saya dokter kulit menggunakan steroid, tapi bukan untuk memutihkan kulit atau bikin cerah. Saya pakai steroid untuk obat, untuk pasien-pasien yang ada dermatitisnya, ada lupus kulit, bukan untuk merawat kulit,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com.

Melalui postingannya itu, sang dokter mengatakan kalau kondiis ini sayangnya tidak bisa dihilangkan. Dokter hanya bisa membantu untuk memudarkan kerusakan kulit dengan melakukan tindakan medis seperti frectional, PRP, ataupun laser. Perawatan seperti itu juga harus dilakukan untuk waktu yang lama dan berulang-ulang, serta tetap meninggalkan jejak.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...