Viral Ranu Manduro di Mojokerto yang Pemandanganya Mirip Selandia Baru
Foto: Instagram.com/hafidzbashory

Viral Ranu Manduro di Mojokerto yang Pemandanganya Mirip Selandia Baru

Rabu, 26 Feb 2020 | 09:36 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Baru-baru ini nama Ranu Manduro banyak diperbincangkan oleh warganet di media sosial. Tempat wisata yang berada di Mojokerto, Jawa Timur ini lanskapnya disamakan dengan pemandangan yang ada di Selandia Baru.

Dalam video berdurasi 24 detik yang diunggah oleh akun Twitter @Blaklaiv pada Senin (24/02) lalu, terlihat perbukitan yang berwarna hijau dengan latar belakang Gunung Penanggungan. Selain itu, terdapat pula tumpukan batu-batu besar yang ada di padang rumput.

Dilansir dari Kumparan.com, video tersebut pertama kali diunggah oleh seorang warganet bernama Hafidz yang berkunjung ke Ranu Manduro di akun Instagramnya. Dia mengaku tidak menyangka kalau videonya akan menjadi viral dan disukai oleh banyak orang.

Ranu Manduro sering disebut sebagai Ranu Kumbolo dari Mojokerto dan awalnya adalah sebuah telaga. Pada musim hujan, kawasan ini jadi dipenuhi rerumputan dan juga lumut. Akan tetapi, jika musim hujan tempat ini akan berubah layaknya di Timur Tengah.

Ranu Manduro yang berada di Desa Manduro, Manduro Manggung Gajah, Kec. Ngoro, Kab. Mojokerto, Jawa Timur belum menjadi tempat wisata resmi. Lokasi ini dulunya hanya sebuah perbukitan yang dikeruk untuk mengatasi lumpur lapindo di Sidoarjo. Tempat ini hanya bisa dijangkau dengan menggunakan mobil dan cukup membayar biaya parkir sebesar Rp3 ribu.

Meskipun belum menjadi tempat wisata resmi, Ranu Manduro memang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal. Kedepannya diharapkan kalau Ranu Manduro bisa mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah setempat agar dapat dijaga kebersihan dan penanganan tempatnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...