Viral Sapi Pendek di Medsos, ini Penjelasan LIPI
Foto: Twitter.com/JVLEHA

Viral Sapi Pendek di Medsos, ini Penjelasan LIPI

Selasa, 18 Feb 2020 | 16:50 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Baru-baru ini, para pengguna Twitter dihebohkan dengan potret seekor sapi dengan ukuran yang tidak biasa. Kalau selama ini kita melihat sapi dengan tubuhnya yang besar, sapi yang fotonya tersebar di media sosial nampak lebih pendek.

Foto ini kemudian menjadi viral dan banyak dibicarakan oleh warganet setelah diunggah oleh akun Twitter @JVLEHA pada Minggu (16/02) lalu. Ukuran tubuh sapi yang tak biasa ini kemudian mengundang warganet untuk memberikan komentar mereka.

Hingga saat ini, cuitan tersebut sudah mendapatkan retweet lebih dari 17,3 ribu serta likes sebanyak 42,8 ribu.

“sapi ceper nih kalo lewat polisi tidur jalannya miring pelan-pelan,” komentar @coromodol.

“Sapi bonsai,” kata @mahasiswaYUJIEM.

Bahkan ada pula warganet yang menyebutkan kalau sapi tersebut merupakan jenis sapi dexter. Menanggapi foto sapi yang viral tersebut, Peneliti Bioteknologi LIPI, Syahruddin Said pun menjelaskan kalau sapi yang berukuran kerdil tersebut adalah hasil rekayasa genetik.

“Ini jenis sapi biasa dibuat jadi Mini Cattle dengan rekayasa genetik,” kata Syahruddin dikutip dari Kompas.com.

Syahruddin juga menjelaskan kalau sapi itu adalah sapi normal yang dapat bereproduksi. Biasanya, jenis sapi ini dibudidayakan untuk ternak hobi. Dia juga menegaskan kalau sapi tersebut tidak mengalami kecacatan sama sekali.

Rekayasa genetik ini dilakukan dengan mengambil sifat tertentu yang diinginkan pada sapi baru.

“Misalkan dengan tujuan mengerdilkan. Berarti yang diambil sifat itu, kemudian dimasukkan ke ternak biasa supaya saat bererproduksi nanti, anaknya menjadi kecil,” jelas Syahruddin.

Untuk saat ini, Syahruddin menyebutkan kalau jenis sapi ini masih terbilang langka di Indonesia. Sebab, belum ada publikasi yang secara spesifik menjelaskan tentang Mini Cattle di Indonesia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...