Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Pipa Toilet?
ilustrasi

Virus Corona Bisa Menyebar Melalui Pipa Toilet?

Rabu, 26 Feb 2020 | 06:10 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Proses penularan COVID-19 secara jelasnya masih menjadi objek penelitian. Namun setelah ditemukannya dua kasus pasien yang positif terinfeksi COVID-19 di sebuah apartemen di Hong Kong, muncul dugaan bahwa penyebaran virus tersebut bisa terjadi melalui pipa saluran air yang ada di toilet. Benarkah demikian? Simak penjelasannya di bawah berikut ini.

Awal dugaan penyebaran COVID-19 melalui pipa air

image0

Pada tanggal 11 Februari 2020, lebih dari 100 warga yang tinggal di daerah Tsing Yi, Hong Kong, telah dievakuasi dan dikarantina. Tindakan itu dilakukan setelah seorang wanita yang berusia 62 tahun menjadi orang kedua yang positif terinfeksi COVID-19 di gedung apartemen Hong Mei House.

Wanita tersebut tinggal 10 lantai di bawah penghuni pertama yang terinfeksi. Karena kedua pasien tersebut tidak pernah berkomunikasi atau melakukan kontak kulit sebelumnya, muncullah dugaan bahwa bisa saja penyebaran COVID-19 terjadi lewat infrastruktur bangunan seperti pipa air.

Terlebih lagi, menurut laporan, kedua pasien tinggal di blok vertikal yang sama. Ini berarti, kedua pasien berbagi jaringan pipa toilet yang sama. Pipa air di dalam kamar mandi tempat tinggal wanita yang menjadi pasien juga tidak tertutup.

Dugaan skema penularan virus di antara kedua pasien memang belum pasti dan masih membutuhkan penyelidikan lanjutan. Namun, terjadinya penyebaran COVID-19 melalui pipa saluran air bukanlah hal yang tidak mungkin. Bahkan, penyelidikan tentang penyebaran virus melalui pipa juga pernah dilakukan saat virus SARS merebak di tahun 2003 silam.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...