Virus Zika Bisa Membuat Proses Evolusi Mundur 2 Juta Tahun

Virus Zika Bisa Membuat Proses Evolusi Mundur 2 Juta Tahun

Rabu, 10 Feb 2016 | 07:44 | Rusmanto
WinNetNews.com - Cacat otak yang disebabkan oleh virus Zika diklaim bisa memicu mutasi genetik pada manusia. Dikhawatirkan, proses evolusi bisa mundur sejauh 2 juta tahun karenanya.

Sebuah laporan yang dipublikasikan pekan ini di Journal of Astrobiology and Outreach menyebut ancaman yang dihadirkan oleh virus Zika ini sebagai 'dramatic retrogression of human evolution'. Skenario terburuknya, terjadi peningkatan populasi manusia dengan ukuran dan fungsi kognitif otak yang menurun.

"Sementara virus Zika terus menjadi headline, dampak jangka panjang yang mungkin muncul pada kemanusiaan tampaknya telah luput dari perhatian," kata Prof Edward Steele, ahli biologi dan imunologi dari CY O'Connor ERADE Village Foundation, dikutip dari News.com.au, Rabu (10/2/2016).

Hampir 4.000 kasus telah terkonfirmasi sejak wabah virus Zika mulai melanda Brazil tahun lalu. Meski jalur utama penularannya masih melalui nyamuk Aedes, beberapa jalur baru termasuk melalui sperma telah dilaporkan.

 

Menurut ilmuwan, ini menunjukkan bahwa virus tersebut mengalami evolusi dengan cepat sehingga bisa menyebar pada manusia tanpa melalui nyamuk sebagai vektor. Dikhawatirkan virus ini memasukkan informasi pada genome manusia dengan cara yang sama saat HIV (Human Imunodevicienct Virus) menyebar pada populasi manusia.

"Mikrosefali (kelainan bawaan yang membuat otak tidak tumbuh sempurna) dan virus Zika sekarang sepertinya menunjukkan tanda-tanda bisa menular secara seksual, dan artinya gen yang membuat volume dan fungsi kognitif otak mengecil mungkin telah masuk dalam garis kuman manusia," jelas Prof Steele.

Prof Steele menyebut ukuran otak manusia membesar hingga 2 kali lipat dalam 500 ribu hingga 2 juta tahun terakhir. Jika tidak dihentikan, virus Zika bisa mengintegrasi genome manusia dan menahan atau bahkan membalik proses evolusi.

disadur dari situs detik health

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...