Virus zika bisa menular lewat air mata

Virus zika bisa menular lewat air mata

Rabu, 7 Sep 2016 | 17:06 | Rike

WinNetNews.com - Virus zika dapat hidup di mata, ungkap peneliti pada Selasa (6/9), usai melakukan percobaan terhadap tikus yang mungkin menjelaskan mengapa sejumlah pasien yang tertular zika mengalami penyakit yang berhubungan dengan mata dan dalam sejumlah kasus mata penderita menjadi buta.

Penelitian tersebut diterbitkan di jurnal Cell Reports, yang meneliti mengenai efek infeksi virus zika di mata janin tikus, tikus baru lahir dan tikus dewasa."Penelitian kami menunjukkan bahwa mata bisa menjadi tempat pengembangbiakan virus zika," ucap Michael Diamond, profesor di Fakultas Kedokteran Washington University in St Louis sebagai salah satu penulis senior penelitian, dikutip AFP, Rabu.

"Kami perlu mempertimbangkan apakah orang yang terjangkit zika menyimpan virus menular di mata mereka dan berapa lama virus tersebut bertahan," tambahnya. Ia melanjutkan bahwa pasien dapat menularkan infeksi lewat air mata mereka.

Peneliti pun berencana memperluas penelitian yang telah mereka lakukan dengan melibatkan manusia yang terinfeksi virus tersebut.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...