Wabah COVID-19 Satukan Palestina dan Israel
Foto: Haertz.com / AFP

Wabah COVID-19 Satukan Palestina dan Israel

Senin, 23 Mar 2020 | 12:45 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Virus corona tampaknya tak melulu memunculkan hal negatif. Meski sudah menelan ribuan korban tewas, COVID-19 ini rupanya telah menyatukan pemerintahan Palestina dan Israel yang sudah bertahun-tahun tak menemukan kesepakatan damai.

Kedua pemerintahan itu kini saling membantu satu sama lain dalam rangka mencegah COVID-19. Saat ini, kedua negara tersebut menghentikan konflik dan masing-masing pihak bekerja sama agar virus corona tidak menyebar lebih luas mengingat Palestina dan Israel sangat berdampingan.

Seperti apa potret hangat Palestina dan Israel ketika bekerja sama melawan COVID-19? Berikut ulasannya yang dikutip Wowmenariknya.com dari Boombastis.

Keduanya Kompak Menutup Akses

Baik Palestina maupun Israel, keduanya kompak menutup akses ke tempat-tempat yang biasanya ramai dikunjungi publik. Salah satunya gerbang masuk ke Kota Betlehem yang di dalamnya ada Gereja Betlehem.

Pemerintah Israel telah menutup jalan menuju Betlehem. Sementara Palestina sudah menutup Gereja Betlehem selama dua minggu untuk mencegah penyebaran Corona.

Pemerintah Israel juga juga telah menutup perbatasan dengan Mesir dan melarang militernya tidak keluar dari wilayahnya. Sementara Palestina sudah menutup akses lalu lintas ke Jalur Gaza.

Membatalkan Acara-Acar Penting

Israel diketahui sudah membatalkan acara-acara penting seperti latihan militer dengan Amerika  dan Palestina sudah membatalkan acara Marathon Palestina. COGAT yang merupakan lembaga milik Israel bekerjasama dengan otoritas Palestina untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Keduanya bekerja sama untuk melarang warga Palestina dan Israel keluar masuk untuk mencegah penyebaran Corona.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...