Wabah Zika: WNI Sebaiknya Tidak Ke Amerika Latin

Wabah Zika: WNI Sebaiknya Tidak Ke Amerika Latin

Jumat, 5 Feb 2016 | 14:41 | Muhammad Takdir
WinNetNews.com - Kementerian Kesehatan mengunggah travel advisory melalui situs resmi mereka. Hal ini sebagai upaya melindungi masyarakat Indonesia terhadap kemungkinan tertular penyakit yang bersumber dari virus Zika, yang tengah menjangkit di beberapa negara terutama negara-negara Amerika Latin.

Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), memberikan pesan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang hendak berkunjung negara yang sedang terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Zika, dianjurkan untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk dengan cara memakai pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles antinyamuk, dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kassa antinyamuk.

Selanjutnya, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami sakit.

“Wanita hamil sebaiknya tidak berkunjung ke negara yang sedang KLB penyakit virus Zika. Jika terpaksa harus melakukan perjalanan ke negara tersebut, hendaknya melakukan tindakan pencegahan dari gigitan nyamuk secara ketat”, ujar Menkes, dalam situs resmi Kemenkes, Jumat (5/2/2016).

Bagi siapa saja yang baru kembali dari negara yang sedang mengalami KLB penyakit virus Zika, juga diminta untuk memeriksakan kondisi kesehatannya dalam kurun waktu 14 hari setelah tiba di Indonesia.

(seperti dilansir dari Okezone)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...