Wacana Ibu Kota Dipindah Kembali Mencuat, Kemungkinan ke Dua Tempat Ini

Daniel
Daniel

Wacana Ibu Kota Dipindah Kembali Mencuat, Kemungkinan ke Dua Tempat Ini Istimewa

Winnetnews.com - Rencana untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke kota lain kembali dibahas oleh pemerintah. Gagasan untuk memindahkan ibu kota Indonesia sebenarnya sudah pernah dibicarakan sejak lama, bahkan pada saat era Presiden Soekarno.

Meski demikian menurut Presiden Joko Widodo, untuk pemindahan ibu kota bahan pertimbangannya bukan untuk jangka pendek. Menurut Jokowi, pemindahan ibu kota negara harus didasari oleh “kepentingan yang lebih besar untuk bangsa.”

“Dalam membicarakan soal ini kita tidak boleh hanya berpikir yang sifatnya jangka pendek maupun dalam lingkup yang sempit. Tapi kita harus berbicara tentang kepentingan yang lebih besar untuk bangsa, untuk negara dan kepentingan visioner dan jangka yang panjang.”

Lalu ke manakah jika memang ibu kota dipindah? Menurut Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), daerah Jonggol merupakan kandidat lokasi ibu kota baru Indonesia.

“Misalkan daerah yang pernah dibahas Pak Soeharto yaitu Jonggol, Jawa Barat, maupun daerah Maja yang ada di Banten,” kata Bambang.

Apa Reaksi Kamu?