Wacana Inggris Produksi Vaksin Virus Corona
Ilustrasi suntik vaksin. (Foto: Bloomberg)

Wacana Inggris Produksi Vaksin Virus Corona

Selasa, 19 Mei 2020 | 15:56 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Pada akhir April, pemerintah Inggris berjanji warganya akan mendapatkan vaksin yang diproduksi di dalam negeri sesegera mungkin. 

Seperti diberitakan Merdeka.com, Selasa (19/5), belum lama ini, Menteri Urusan Usaha Inggris, Alok Sharma mengumumkan kesepakatan lisensi global antara Universitas Oxford dan perusahaan farmasi raksasa, AstraZeneca, yang merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk menyediakan vaksin Covid-19 setidaknya bagi setengah dari populasi Inggris dengan anggaran 130 juta poundsterling atau sekitar Rp2,3 triliun.

“Para ilmuwan kami berada di garis depan pengembangan vaksin. Kesepakatan dengan (perusahaan obat-obatan Inggris-Swedia) AstraZeneca berarti bahwa jika vaksin Universitas Oxford berhasil, orang-orang di Inggris akan mendapatkan akses pertama ke sana, membantu melindungi ribuan nyawa," jelas Sharma kepada wartawan, Minggu, dilansir dari Sputnik News, Selasa (19/5).

Dia mengatakan, perjanjian tersebut menetapkan pemberian total 100 juta dosis vaksin, dan “memastikan bahwa selain mendukung warga kita sendiri, kita dapat menyediakan vaksin untuk negara-negara berkembang dengan biaya serendah mungkin”.

"Inggris terus mengarahkan respons global untuk menemukan vaksin, dan pemerintah mendukung para ilmuwan kami untuk melakukan ini secepat mungkin," jelas Sharma.

Pada saat yang sama, Sharma juga mengingatkan bahwa tak ada jaminan vaksin akan ampuh, seraya menambahkan Inggris akan mencari alternatif pengobatan lainnya bagi orang yang terinfeksi virus corona baru.

Mengutip koran The Sun, Professor Sarah Gilbert, yang timnya tengah bekerja meneliti vaksin di Universitas Oxford mengatakan vaksin bisa siap dalam beberapa bulan ke depan. AstraZeneca disebut akan membuat 30 juta dosis vaksin virus corona sampai September jika berhasil.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...