(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Wah Brand Makeup yang Lagi Ngehits Ini, Ternyata Karya Anak Negeri!

Daniel
Daniel

Wah Brand Makeup yang Lagi Ngehits Ini, Ternyata Karya Anak Negeri! Istimewa

WinNetNews.com - Beberapa tahun terakhir ini, beauty industri di Indonesia memang sedang sangat Berkembang. Bukan hanya ditandai dengan munculnya Beauty Influencer, Beauty Vlogger dan Makeup Artist yang semakin menjamur, Namun juga banyak nya bermunculan Brand-Brand makeup Lokal Indi Karya Anak Negeri.

Sebelum trend makeup lokal ini terjadi, memang sudah ada beberapa Perusahaan lokal yang mengeluarkan produk beauty, namun  produk tersbut dibuat oleh perusahaan besar yang namanya memang sudah dikenal sebelumnya. Kualitas produknya pun sudah cukup baik. Namun dengan berkembangnya Trend beauty di Indonesia saat ini, semakin meningkatkan kualitas produk-produk makeup lokal yang ada Baik itu dari perusahaan besar seperti Wardah, Make Over & Emina maupun Brand makeup lokal indi karya anak negeri.

Berikut ini adalah beberapa dari sekian banyak brand makeup lokal indi karya anak negeri beserta produk-produk andalannya yang sangat patut untuk diapresiasi

1.      Rollover Reaction

Rollover reaction adalah brand makeup ‘milenials’ pertama di Indonesia. Di dirikan oleh 2 wanita yang baru saja lulus kuliah dan tidak memiliki background di dunia Makeup, bernama Dinar Amanda dan Naya Tinanda.

Dinar dan Naya berani mendirikan sebuah makeup brand karena merasa memiliki ketertarikan dalam dunia makeup dan merasa ingin berkontribusi lebih dalam industri ini. Walaupun memulai brand makeup ini dari 0, namun mereka tetap  menyiapkan semuanya secara professional dan menganggap perusahaan ini adalah sebuah perusahaan besar yang seluruh hal nya harus di persiapkan dengan matang, rapi dan professional.

Rangkaian produk yang pertama di rilis pada saat brand ini diperkenalkan  adalah “SUEDED! Lip and cheek cream” yaitu 5 varian matte lipcream berwarna nude  yang juga bisa dijadikan cream blush on dan cream eyeshadow.

Setelah itu, Rollover reaction semakin berkembang dan mulai dikenal banyak orang. Rollover reaction pun mengeluarkan berbagai macam varian lipcream yang lainnya. Setelah berkembang 3 tahun lebih di industri makeup ini, kini Rollover Reaction sudah memiliki semakin banyak produk yang di luncurkan. Tidak hanya lip cream namun saat ini RR juga memiliki produk-produk yang lainnya seperti, HALOLIGHT! Luminizing stick, GLAZED! Liquid eyetint, FLUSHED! Lip and cheek stain, CHUNKY! Lip and cheek crayon, Browcara, Face mist, Face wipes hingga Hologram Makeup Pouch. Rollover Reaction pun baru saja melaunching offline store pertamanya yang bertempat di Plaza Indonesia Extention.

Sampai saat ini produk-produk Rollover Reaction masih menjadi incaran bagi beauty enthusiast karena memiliki kualitas yang baik dan harganya pun bisa dibilang terjangkau. 

2.      BLP Beauty

BLP beauty atau by lizzie parra didirikan oleh seorang makeup artist yang bernama Lizzie Parra. Bermulai dari ketertarikan nya di dunia Marketing, Branding dan Public Relation, Lizzie mulai terfikir untuk membuat brand nya sendiri.

Selain itu, ia pun memiliki passion dalam Industri makeup, terlihat dari Profesi nya sebagai Makeup artist. Sebagai seorang makeup artist, tentunya Ia mengerti banyak hal tentang makeup, maka dari itu dia memutuskan untuk membuat brand kecantikan-nya sendiri.

Tidak hanya mendirikan brand ini, tetapi lizzie juga turun langsung dalam setiap proses dalam brand ini. Mulai dari pemilihan shade lipstick, packaging, menentukan ‘branding’, Strategi Marketing & Advertising, hingga proses akhir sampai produk tersebut bisa sampai di tangan konsumen dan namanya bisa besar sampai saat ini.

Dimulai dari mengeluarkan 5 shades lipcream bernuansa nude yang dinamakan ‘BLP Lip Coat’ yang setelah launching langsung diserbu oleh masyarakat. BLP pun terus berkembang hingga sampai saat ini sudah mengeluarkan berbagai produk lain yaitu, Lip Stain, Eyeshadow Pen, Eyeliner, Eyebrow Pencil, Eyelashes hingga Face Powder yang saat ini menjadi perbincangan seluruh beauty enthusiast di Indonesia karena kualitas nya yang sangat baik dan memuaskan. Saat ini BLP Beauty sudah memiliki Beauty Space yang terletak di Lotte Shopping Avenue, Kuningan, Jakarta.

3.      Esqa

Esqa Cosmetics didirikan oleh 2 orang sahabat yang baru saja menyelesaikan studi nya di Los Angeles, Cindy dan Kezia. Setelah beberapa tahun hidup bersama, mereka mulai menyadari bahwa mereka memiliki ketertarikan yang sama dalam dunia makeup.

Setelah menyelesaikan studi nya dan kembali ke Indonesia, Cindy dan Kezia pun terfikir untuk membuat suatu brand makeup yang memiliki packaging yang mewah, berkelas, namun tetap dengan harga terjangkau. Dan tidak memakai bahan baku yang terlalu keras sehingga dapat merusak kulit. Mereka percaya bahwa setiap wanita itu cantik dan makeup tidak boleh merubah diri mereka. Maka dari itu tagline dari brand Esqa ini adalah “Glamorously Natural”

Walaupun terbilang paling baru dibandingkan dengan RR & BLP, namun saat ini Esqa cosmetics lebih mudah untuk dicari karena selain bisa di pesan melalui website, produk dari esqa ini dapat ditemukan di seluruh Sephora di Indonesia. Saat ini esqa sudah memiliki berbagai varian produk yaitu Matte Lip Liquid,Satin Lip Crayon, Gloss Lip Liquid, Goddess Cheek Pallete, Eyebrow Pomade Pencil, dan Eyeliner.

4.      Goban Cosmetics

Goban Cosmetics didirikan oleh seorang wanita bernama Angel Cynthia. Nama Goban sendiri, merupakan singkatan dari gorgeous and beautiful angels. Pemilihan nama itu, diberikan dengan tujuan agar semua wanita dapat menjadi seperti angels.

Walaupun Goban baru di launching di akhir tahun 2016, namun Angel sudah terfikir untuk membuat brand makeup sejak tahun 2012, setelah ia pulang dari perancis dan menjadi seorang makeup-artist. Dalam awal pembuatan brand ini, Angel dibantu oleh temannya yang mengerti dunia farmasi, sehingga brand ini pun dapat terbentuk setelah melewati berbagai proses.

Goban cosmetics dikenal oleh masyarakat setelah meluncurkan ‘Melted Matte Lips’ dengan 6 pilihan warna yang sangat menarik. Matte lips dari Goban ini pun mulai menjadi perbincangan oleh Beauty enthusiast di Indonesia. Saat ini Goban Cosmetics sudah memiliki  varian produk yang lainnya yaitu, Illuminating Highlighter, Lip tint yang bekerja sama dengan Beauty Vlogger Indonesia yaitu Monita Lin dan Varian baru dari Melted matte Lips yang bekerja sama dengan Sanrio.

5.      SASC

SASC adalah sebuah singkatan dari kata Socially, Aware, Sexy, Cosmetics. Pendiri brand ini sendiri adalah 3 orang sepupu yang bernama Felicia Sendjaja, Michelle Karli dan Priscilla Pangemanan.

Seperti yang terkandung dalam namanya, yaitu ‘socially’, brand ini selalu menyisihkan 5% dari hasil penjualannya untuk aksi sosial.  Saat ini, SASC bekerja sama dengan beberapa yayasan amal tentang pendidikan anak, kesehatan dan pemberdayaan perempuan. Sejak awal dibentuk, SASC memiliki konsep seperti ini karena ketiga founder tersebut ingin membuat suatu bisnis yang tidak hanya memberikan keuntungan bagi mereka namun juga keuntungan bagi lingkungan sekitar.

Untuk produk pertama yang dikeluarkan, SASC melaunching produk Ultimatte Lip liquid yang terinspirasi dari Kylie Lip Kit. SASC pun bekerja sama dengan beberapa vlogger dan selebriti untuk berkolaborasi dalam varian atau shade lipstick nya. Salah satunya adalah Tyna Kanna Mirdad. Saat ini, SASC tidak hanya memiliki berbagai varian liquid lipsticks namun SASC juga mengeluarkan produk Eyeliner & Eyebrow Pencil.

Menarik-menarik banget kan, berbagai produk dari brand makeup lokal indi karya anak negeri ini! Memang, saat ini kualitas dari produk makeup lokal semakin memuaskan dan tidak kalah dengan produk makeup ternama dari luar negeri. Para anak-anak negeri yang membannggakan ini, terus berinovasi untuk memberikan produk dengan kualitas terbaik, dengan harga yang affordable dan dapat mmenuhi kebutuhan pasar, yaitu Beauty Enthusiast Indonesia.

Dalam suatu kesempatan, saya sempat mewawancarai beberapa teman teman Beauty Influencer dan Beauty Enthusiast mengenai pendapatnya tentang Brand Makeup Lokal Indi saat ini. Dan ini dia hasilnya!

@minyo33 : “ Makeup lokal sekarang sudah bisa catch up dengan kualitas makeup dari luar negeri. Dari segi packaging dan cara memasarkan produknya pun sudah jauh lebih baik “

@cclaracr : “ Love their Progress! Banyak banget sekarang brand Indo dan each of them are competing to be the one with best quality. Bangga banget dengan produk lokal. Dari semua produk yang aku coba, Rata-rata semuanya bagus. Kualitasnya ga main2 dan hebatnya masih affordable, dan ga kalah kualitasnya  dibandingkan sama produk luar. Pokoknya luv! Dan penasaran kedepannya pasti bakal banyak yang akan di produksi lagi. Kalau kayak gini progressnya, ga susah unyuk mencintai produk negeri sendiri hehe”

@nadhilaqnta “ Bagus. Berkembang dengan baik. Dengan perseingan yang super ketat mereka bisa bersaik dengan baik gitu. Ga cuma sekedar ikut-ikutan, ya memang bikin produknya bagus. Beauty lagi menjamur banget kan sekarang, kita orang Indonesia pasti bangga banget pake produk lokal yang kualitasnya ga beda sama produk luar. “

@amelia.ay : “ sangat menarik dan kualitasnya menjamin! “

@wandizka : “ Dari Rollover Reaction dan BLP aja buat jatuh cinta. Udah setara dengan brand luar!”

@monicaps_ : “ menurutku, udah berkembang banget dan udah berinovasi layaknya brand luar, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti gaya brand lokal yang terkesan mengikuti bahkan cenderung sangat mirip dengan brand makeup lainnya.”

Nah bener kan, dari beberapa narasumber yang saya tanyakan, dapat saya simpulkan bahwa teman teman beauty enthusiast dan beauty influencer setuju bahwa produk makeup lokal Indonesia saat ini sedang sangat berkembang dan memiliki kualitas yang baik serta sudah pantas untuk di bandingkan dengan brand ternama dari luar negeri.

Eits, tapi jangan salah sangka, masih ada loh beberapa teman kita yang belum percaya terhadap kualitas produk makeup lokal. Seperti yang saya temukan dari salah satu video youtube femaledaily.com, para founder brand makeup lokal seringkali merasa resah akan ‘stereotip’ terhadap produk makeup lokal yang mereka buat. Kilala Tilaar, Direktur Creative and Innovative Martha tilaar group sempat berkata “masih banyak yang suka berfikir ‘everything from outside Indonesia is always the best’”. Menurutnya, ini adalah mental budak yang harus di ubah karena menurut petinggi PT. Martha Tillar ini, yang mengerti kebutuhan bangsa ini adalah anak negeri nya sendiri.

Lizzie Parra, Founder BLP Beauty pun turut mengutarakan pendapatnya “ Tidak semua orang se percaya orang-orang di sekitar kita tentang lokal brand, tapi kita ga berkecil hati dan kita terus berusaha untuk membuktikan bahwa brand-brand lokal sudah bisa di bandingkan dengan brand-brand luar dari segi kualitas, segi marketing,  segi branding dan berbagai aspek lainnya. Dan menurut aku, kelebihan brand makeup lokal dibandingkan dengan yang lainnya yaitu, karena kita adalah orang lokal jadi kita mengerti masalah-masalah yang di hadapi orang-orang lokal. “

Nah, itu dia beberapa contoh keresahan dari beberapa founder brand makeup lokal akan stereotip yang seringkali mereka alami. Brand makeup ciptaan mereka yang sudah diciptakan dengan berbagai proses panjang masih suka di anggap sebelah mata oleh beberapa orang, dan dianggap tidak sebanding dengan produk luar yang sudah terkenal sebelumnya. Padahal, menciptakan suatu produk bukanlah proses yang mudah lho. Apalagi suatu produk yang unik, ,menarik, inovatif & dapat mudah diterima oleh mayarakat.

Dewi, Founder dari Skin Dewi mengatakan “standard BPOM di Indonesia itu sangat tinggi, jauh lebih tinggi dari negara negara pada umumnya. Bahkan untuk pabriknya harus bersertfikat GMP ( Good Manufacturing Process ) sedangkan rata-rata di luar negeri, tanpa GMP certified pun tetap bisa menjual produk” Jadi, semestinya kita tidak perlu meragukan lagi kualitas dari produk lokal dan keamanan dari  produk makeup lokal ini. Karena produk makeup lokal tentunya sudah melewati banyak proses dan pengujian, perizinan produksi produk pun tidak diberikan secara asal asalan.

Para founder ini pun sangat berharap untuk mendapat dukungan penuh dari Beauty enthusiast lokal melalui membeli produk yang mereka buat sebagai apresiasinya atas produk makeup dalam negeri sehingga memungkinkan mereka untuk dapat memperbesar usahanya untuk kemudian dapat mengeluarkan semakin banyak produk-produk baru yang inovatif.

Saya pun sempat membuat voting di Instagram pribadi saya (@astrizaa) tentang kepercayaan mereka terhadap produk makeup lokal saat ini. Dan ini hasilnya,

74% ( 89 dari 121 ) Koresponden sudah percaya akan kualitas dari produk makeup lokal namun 26% ( 32 dari 121 ) Koresponden masih lebih memilih brand besar karena merasa belum percaya dengan kualitas produk makeup lokal. 

Maka dari itu, menurut saya pentIng untuk mengedukasi beauty enthusiast yang masih belum percaya dengan produk lokal untuk dapat mengetahui lebih tentang proses dan kualitas dari produk lokal sehingga dapat menimbulkan keyakinan dan kecintaan terhadap produk dalam negeri.

Dengan semakin berkembangnya varian dan kualitas dari produk makeup lokal ini, Beauty Enthusiast Indonesia akan lebih mudah untuk mendapatkan produk makeup yang di inginkan, tidak perlu menunggu pre order dari luar negeri seperti produk-produk luar yang tidak masuk ke Indonesia. Selain itu, produk makeup lokal relatif lebih terjangkau dibandingkan harga makeup dari brand-brand ternama. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan Beauty Enthusiast yang menginginkan produk yang bagus dengan harga yang affordable.

Saya harap beauty enthusiast Indonesia dapat lebih mengapresiasi produk makeup dalam negeri yang sudah memiliki kualitas yang sangat baik ini. Dengan kualitas produk yang sebaik ini, bukan tidak mungkin bagi brand-brand makeup lokal indi ini untuk dapat masuk ke dalam pasar International. Tetapi, sebelum masuk ke pasar Internasional,mereka membuthkan bantuan kita, Beauty Enthusiast Indonesia untuk membuktikan bahwa produk-produk yang mereka buat merupakan produk-produk yang pantas berada di pasar Internasional dengan memakai dan mencintai produk lokal.

 

Ditulis oleh Astriza Widhaviri

Mahasiswi LSPR Jakarta

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});