Wah! Biar Bunting, Sapi dan Kerbau Indukan di Banten, Bakal Dikasih Inseminasi Buatan

Wah! Biar Bunting, Sapi dan Kerbau Indukan di Banten, Bakal Dikasih Inseminasi Buatan

Rabu, 29 Mar 2017 | 18:53 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Kementerian Pertanian menargetkan ada 8.300 ekor sapi dan kerbau di Provinsi Banten yang diberikan inseminasi buatan pada tahun 2017. Gerakan ini masuk dalam program Upsus (upaya khusus) Siwab (Sapi Indukan wajib bunting).

"Target 2017 total sapi dan kerbau 8.300-an yang diberi inseminiasi buatan," ujar Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Banten, Muchamad Yusron, di Desa Kadujangkung, Kecamatan Mekarjaya, Pandeglang, Banten, Rabu (29/3/2017).

Ia mengatakan salah satu hambatan Upsus Siwab di Banten adalah pemilik sapi atau kerbau masih takut diberikan inseminasi buatan, terutama di daerah Banten Selatan. Oleh karena itu, saat ini sedang dilakukan upaya pendekatan ke petani untuk mensosialisasikan hal tersebut.

Serta memberikan edukasi ke tenaga teknis Upsus Siwab saat melakukan inseminasi buatan agar berhasil. Untuk mensosialisasikan program upsus siwab di Banten, pemerintah mengimbau petani menjaga sapi dan kerbaunya dalam kondisi sehat agar keberhasilannya tercapai.

"Memperbaiki kesehatan sapi, keberhasilan IB sangat ditentukan dengan sapi atau kerbau kalau dia sakit akan susah hamil. Jadi harus diperbaiki kondisinya. Susah kalau tidak sehat, jadi harus berhasil," ujarnya.

Saat ini untuk Maret hingga 28 Maret saja sebanyak 285 ekor sapi dan kerbau yang sudah diberikan suntikan inseminasi buatan, terdapat 287 ekor yang mengalami kebuntingan, dan 69 ekor yang lahir.

"Sementara data per 1 Januari- 28 Maret ada 630 ekor sapi dan kerbau yang diberi IB, 480 ekor yang mengalami kebuntingan, dan 223 ekor yang lahir," ujarnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...