Wah, Ternyata Buat Remaja Teman Online Itu Penting Lho Buat Kesehatan Mental

Wah, Ternyata Buat Remaja Teman Online Itu Penting Lho Buat Kesehatan Mental

Winnetnews.com – Jaman digital seperti sekarang ini tentu nggak bisa lepas dari media sosial dong. Meski memiliki dampak negatif ternyata medsos juga punya dampak positif kok bagi remaja.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Bep Uink, seorang mahasiswa program Phd dari Murdoch University dan Young and Well Cooperative Research Centre telah melakukan survei kepada 100 remaja.

Hasilnya, Uink lebih memilih mengamati aktivitas mereka di media sosial secara real-time, dan ia berusaha menangkap momen-momen penting yang terjadi dalam keseharian mereka. Biasanya dalam sehari, Uink 'menangkap' lima momen sekaligus.

Menariknya, Uink juga menemukan, keberadaan teman di dunia maya sama pentingnya dengan pertemanan di dunia nyata dalam memberikan support bagi si remaja.

"Kami tanyakan ke mereka, dan hasilnya, tak ada bedanya. Teman dalam konteks dunia online maupun teman yang sebenarnya penting bagi mereka ketika mereka membutuhkan dukungan," simpulnya.

Nggak cuma itu kok, ia juga mengatakan remaja terlihat jauh lebih bahagia dan cenderung tidak merasakan emosi negatif seperti sedih, cemburu atau cemas jika sedang bersama teman-temannya ketimbang saat berkumpul dengan keluarganya.

"Kami terkejut melihat betapa kuatnya peranan dalam media sosial dalam menghubungkan satu pengguna dengan yang lainnya, dan remaja punya cara yang sangat 'canggih' dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan psikologis mereka," pungkasnya.