Wah, Ternyata Indonesia Bisa Bikin Singapura Miskin Dalam Sekejap

Wah, Ternyata Indonesia Bisa Bikin Singapura Miskin Dalam Sekejap

winnetnews.com - Bagaimana sih negara Singapura bisa lebih maju secara perekonomian dibandingkan dengan Indonesia yang memiliki wilayah yang luas dengan sumber daya alam yang melimpah. Seperti kita ketahui Singapura sebagai negara kecil menjadi negara maju di Asia Tenggara.

Tapi sobat winnet, walau Indonesia kalah jauh dari Singapura dari segi kekuatan ekonomi, tapi tahukah kamu kalo bangsa ini bisa membuat jatuh miskin Singapura?

Nah, ini dia salah satu yang akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, pasalnya Jokowi saat ini tengah mewacanakan program pengampunan pajak atau lebih dikenal dengan tax amnesty. Tentu saja program ini ditujukan uang yang cukup banyak dan tersebar di luar negeri bisa kembali masuk ke Indonesia.

image0

Kalo nggak percaya, nih kata pakar ekonomi, Aviliani. Ia mengatakan kalau program tax amnesty akan membuat banyak negara khawatir karena dikhawatirkan uang Indonesia yang ada di negara itu akan kembali ke Indonesia.

Aviliani juga mengatakan kalau Indonesia adalah negara yang sangat kaya raya. Tapi sayangnya, sebagian besar uang yang dibayarkan Wajib Pajak disimpan di luar negeri.

Salah satunya di Singapura, di mana Aviliani menyebutkan bahwa ada Rp 3.000 triliun uang Indonesia di negara tersebut. Jika semua uang itu ditarik kembali ke Indonesia, maka perekonomian Singapura akan anjlok.

image1

Menghadapi hal tersebut, so pasti dong Singapura nggak berpangku tangan. Untuk mencegah hal itu terjadi, pemerintah Singapura menerapkan kebijakan penawaran kewarganegaraan Indonesia bagi mereka yang tinggal di Singapura.

Jika kebijakan Singapura tersebut sampai berjalan mulus, otomatis kebijakan tax amnesty akan gagal karena banyak orang Indonesia yang akan pindah ke Singapura. Akan tetapi, jika warga Indonesia memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi, mereka akan tetap tinggal di Indonesia, sehingga kebijakan tax amnesty bisa berjalan lancar dan diharapkan bisa memperbaiki perekonomian negara.