Skip to main content

Wajib Coba Saat Mudik Ke Semarang

Wajib Coba Saat Mudik Ke Semarang

wisata kuliner pun ada beragam kuliner lezat. Mulai dari camilan ringan seperti lumpia dan wingko babat, hingga makanan berat seperti Soto Bangkong dan Tahu Gimbal, kuliner Semarang akan selalu sedap untuk diicip.

inilah kuliner wajib coba saat mudik ke Semarang

Lekker Paimo

image0

Saat mudik ke Semarang, tak ada salahnya mengobati kangen akan jajanan sekolah zaman dahulu dengan mengunjungi Lekker Paimo. Kue lekker ini terkenal lezat di Semarang. Lokasi berjualannya ada di depan SMA Kolose Loyola, Jl Karanganyar, Semarang.

Kalau lekker yang sering kita temui hanya berisikan gula, coklat, potongan pisang di balut dengan lekker yang tipis. Sementara, Kue Lekker Paimo ini lebih dari 10 varian rasa yang dapat dinikmati. Mulai dari rasa coklat, karamel, susu putih, coklat kacang hingga telur sosis keju tuna dan sosis mozarella. Lezatnya jangan ditanya, mantap!

Wingko Babat

image1

Selanjutnya ada camilan teman minum teh untuk traveler. Wingko Babat yang statusnya wajib dicoba oleh traveler tiap mudik ke Semarang. Gurihnya kelapa nan legit berpadu dengan aneka rasa seperti nangka, coklat, durian, aren, coklat chip, dan pisang yang sungguh menggoda.

Harganya mulai Rp 46.000 untuk rasa kelapa, sampai Rp 62.000 untuk rasa durian per besek isi 20 buah wingko. Tinggal sesuaikan saja dengan selera traveler. Wingko babat ini bisa juga menjadi buah tangan saat sudah selesai mudik dari Semara

Bandeng Presto Juwana

image2

Bandeng Presto merupakan olehan ikan Bandeng bertulang empuk yang wajib dicoba traveler. Cukup nasi hangat, seiris Bandeng presto dan cocolan sambal terasi, hmm.. sungguh nikmat dunia. Traveler bisa menemukan panganan ini di aneka sentar oleh-oleh yang terletak di sepanjang Jl. Pandanaran.

Harga per kemasannya bervariasi, mulai dari Rp 64.000/kg untuk bandeng kecil isi 5-6 ekor, Rp 67.500/kg untuk bandeng sedang isi 4 ekor dan Rp 71.000/kg untuk bandeng besar isi 3 ekor. Tinggal pilih saja sesuai selera.

Tahu Pong

image3

Selain Tahu Gimbal, Tahu Pong juga termasuk makanan khas yang wajib dicoba oleh traveler saat mudik ke Semarang. Rasa gurih tahu paling enak disantap saat panas. Traveler bisa menemukan penjual tahu pong di Simpang Lima, atau yang terkenal adalah di Jl Gajah Mada, berseberangan dengan Gereja Bethel.

Satu porsi Tahu Pong terdiri dari tahu yang sudah digoreng, kuah kecap yang sudah dicampur petis, sambal, emping, dan tambahan acar lobak. Harganya pun terhitung murah, mulai dari Rp 6.000 saja seporsinya. Rasanya sungguh membuat ketagihan!

Tahu Gimbal

image4

Tak lengkap rasanya pulang ke Semarang tanpa menyicipi Tahu Gimbal. Makanan berupa campuran tahu goreng, bakwan udang, telur ceplok, kol, ditaburi seledri, dan disiram saus kacang nan lezat ini yang membuat traveler selalu kangen untuk ke Semarang.

Traveler bisa dengan mudah menjumpai pedagang Tahu Gimbal di sepanjang Jalan Pemuda, Simpang Lima ataupun di sekitar Taman KB, Semarang. Bisa dibilang inilah hidangan khas Kota Atlas. Dijamin rasanya maknyus dan akan selalu membuat traveler ketagihan

Lumpia

image5

Jika ada hidangan khas lain dari Kota Semarang, traveler rasanya akan menyebut Lumpia. Ya, jika menyebut Semarang pasti akan teringat Lumpia. Jajanan yang terdiri dari 2 varian yaitu lumpia basah dan kering ini sungguh identik dengan Semarang.

Traveler yang mudik ke Ibukota Provinsi Jawa Tengah jangan lupa untuk menjadikan lumpia sebagai oleh-olehnya. Di berbagai sudut Kota Semarang, wisatawan bisa dengan mudah menemukan toko atau lapak penjual lumpia. Beberapa yang favorit misalnya Lumpia Gang Lombok dan Lumpia Mbak Lien di Jl Pemuda, Semarang. Harganya bervariasi mulai dari Rp 6.000-10.000, tergantung lokasi dan penjual. Tinggal pilih sendiri mana yang diinginkan ya,

Tahu Baxo Ibu Pudji

image6

Ya, itu bukan salah ketik tetapi memang namanya Tahu Baxo Ibu Pudji. Agak nyentrik memang, tapi soal rasa jangan ditanya. Tahu tebal yang diisi bagian tengahnya dengan adonan bakso sapi ini begitu menggoyang lidah. Cocok sebagai teman makan nasi ataupun sebagai teman minum teh saat ngobrol sore-sore.

Traveler yang mudik ke Semarang bisa langsung memborong penganan ini sebagai oleh-oleh. Tahu Baxo dijual dalam kemasan kotak berisi 10 tahu bakso. Ada dua jenis tahu bakso yaitu versi rebus dan goreng. 1 Kotak Tahu Baxo rebus isi 10 dijual Rp 20.000 dan 1 kotak Tahu Baxo goreng isi 10 dijual Rp 22.000. Kunjungi saja pusatnya di Jl. Jend Sudirman No 156 Langensari, Ungaran.

Soto Bangkong

image7

Soto Bangkong bisa mudah ditemui oleh traveler di Kota Semarang saat pagi hari. Soto ini memang jadi menu andalan masyarakat Semarang untuk sarapan. Umumnya, soto ini mirip dengan soto ayam hanya saja ada taburan bawang putih yang jadi pembeda. Gurih!

Soto Bangkong bumbunya diracik dengan khas oleh keluarga Pak Sholeh, sebagai pelopornya. Sotonya disajikan dengan aneka sate sebagai teman makan yang menambah kelezatan hidangan tersebut. Apalagi disajikan hangat-hangat, sungguh sedapnya tak tertandingi.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top